Follow Us

AbsolutePunk: Situs Musik yang Pernah Menggalang Donasi Besar-Besaran

Rifka Amalia - Jumat, 17 Februari 2023 | 10:10
AbsolutePunk.net.
AbsolutePunk

AbsolutePunk.net.

HAI-ONLINE.COM – Dibangun oleh Jason Tate pada tahun 1998, AbsolutePunk pertama kali muncul di Internet sebagai sebuah forum komunitas fans dari beberapa aliran musik crossover, seperti pop-punk dan hardcore.

Menjelang akhir tahun 2016, forum tersebut telah mengumpulkan lebih dari 20 juta postingan dan 400.000 anggota, yang nggak cuma berfokus tentang musik, melainkan juga mewadahi diskusi untuk topik umum, seperti politik, olahraga, dan sosial.

Hal ini bikin Tate dinobatkan sebagai urutan ke-18 dalam daftar kategori ‘Orang Paling Berpengaruh dalam Musik Online’.

Dengan slogan yang bertajuk ‘Musik Memperbaiki Patah Hati’, situs ini menyediakan toko serba ada, serta menampilkan berbagai berita punk dan emo yang diisi oleh penulis dan pengguna dari seluruh dunia.

Baca Juga: Wong Aksan Akui Talenta Ahmad Dhani, Sayangnya Nggak Mau Terima Kritik

Hadir sebagai wadah sekaligus rumah buat banyak band yang saat itu jarang dilirik sama media mainstream, AbsolutePunk bertahan selama 2 dekade terbaik dan kemudian ditutup secara permanen karena adanya problem kebangkrutan dari Buzznet, selaku pihak yang mengakuisisi.

Selain itu, Tate selaku CEO sempat mengundurkan diri pada 2 tahun sebelum kebangkrutan, akibat merasakan banyak perubahan negative semenjak diakuisisi oleh Buzznet.

Di luar obrolan tersebut, komunitas ini pada dasarnya bersatu untuk bikin suatu perbedaan, dibandingkan dengan kebanyakan media pada era tersebut.

Nggak cuma forum dan liputan artis, AbsolutePunk pernah membuat suatu campaign besar-besaran untuk ‘Pediatric Cancer Research Foundation’.

Baca Juga: Paramore Punya Kesan Aneh untuk Skena Emo dan Pop-Punk Tahun 90-an

Diadaptasi dari catatan resmi Alternative Press, pada tahun 2005, setelah diagnosis leukemia Andrew McMahon, keluarga AbsolutePunk mengumpulkan donasi dari seluruh dunia.

Melalui penjualan gelang silicone orange yang dihiasi dengan kutipan “I Will Fight,” yakni sebuah lirik yang diambil dari band rock asal Amerika, Something Corporate, AbsolutePunk berhasil mengumpulkan dana sebesar $16.400 atau setara dengan 248.214.000 IDR.

Andrew McMahon performing in June 2013.
Unugunu

Andrew McMahon performing in June 2013.

Campaign tersebut dan campaign serupa lainnya, mengilhami gue buat melanjutkan dan memulai Dear Jack Foundation (yayasan amal McMahon),” kata McMahon.

“Gue nggak terlibat secara dekat dalam campaign karena Kesehatan gue. Melihat gelang di pertunjukan ketika gue kembali berdiri, adalah pengingat sejati betapa beruntungnya gue ketika tampil dalam adegan yang begitu erat,” tuturnya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest