Follow Us

Alasan Sederhana Sheila on 7 Pas Memutuskan Jadi Band Indie

Tanya Audriatika - Jumat, 17 Februari 2023 | 13:23
Berikut alasan sederhana Sheila on 7 memutuskan buat menjadi band indie.
Dok. HAI Magazine

Berikut alasan sederhana Sheila on 7 memutuskan buat menjadi band indie.

HAI-Online.com - Album Sheila on 7 di 2011, Berlayar jadi album terakhir mereka di bawah naungan label musik, dan ini jadi penanda band ini beralih jadi band indie.

Dikutip dari arsip HAI HAI 15-XXXVIII tahun 2014, sang frontman, Duta mengungkapkan awal cerita mereka memutuskan untuk beralih jadi indie.

“Iya, kan, kontrak udah kelar, kurang satu album. Kalau kita ngobrol-ngobrol terakhir, sih, ya, kita udah sama manager udah 8 tahun kita sign kontrak dengan manajer,” ujar Duta saat itu.

Menurut pria dengan nama lengkap Akhdiyat Duta Modjo ini, doi lepas dari label gara-gara pengen coba hal yang lain.

Baca Juga: Beban Satu Juta Kopi, Eross Akui Kehidupan Pribadinya Sempat Terusik

“Kalau sampai sekarang berarti udah 16 tahun sama label. Maksudnya kita, okelah kalau ini memang album terakhir sama label, ya, kita pengen coba yang lain aja. Kita pengen lebih fleksibel aja,” imbuhnya.

Adapun alasan mereka memutuskan buat jadi band indie ini ternyata sederhana, gitarisnya, Eross mengungkapkan bahwa saat itu komunitas indie makin bagus.

“Sekarang komunitas indie makin oke, kok. Contohnya Endah & Rhesa. Dia punya attitude, dia punya komunitas yang loyal. Itu jadi kayak saya punya keyakinan bahwa musik di Indonesia, musisi yang bekerja bagus, memiliki talenta, dan mau bekerja keras , dia akan bisa survive,” ujar Eross.

Duta juga menimpal bahwa nggak ada yang mau diubah dari Sheila on 7 yang sebelumnya, lagu-lagu yang mereka bawakan saat itu jjuga masih berkutat dengan lagu cinta genre pop.

“Cuma kalau referensi dan menuangkan referensi, sih, pasti belajar terus, kan. Dengerin lagu-lagu kita yang lama dan band-band lama, yang legend-legend dari luar atau dalam negeri juga,” timpal doi.

Referensi yang dia maksud saat itu yakni nggak perlu selalu yang sifatnya terbaru, lebih kepada menjaga dan bagaimana caranya apa yang dibuat Sheila on 7 tetap menarik di mata pendengarnya.

Zaman itu, Duta akui buat manggung on air di televisi, Sheila on 7 cukup selektif. Lantaran, doi menganggap tampil di televisi itu ada simbiosis mutualismenya, sob.

“Maksudnya gini, di satu sisi televisi itu punya effort yang sama dengan kita, dan dia pengen bikin tayangan yang bagus,” tuturnya.

Baca Juga: Throwback Tur Bareng Sheila on 7, Sakti Akui Sering ke Masjid Ternama

Ia menambahkan, ”Yang dia pikirin bukan cuma rating-nya, tapi dia ingin bikin acara yang bermutu. Kita bakal antusias banget, bakal jemput umpan atau jemput bola kalau memang konsep yang dateng ke kita memang konsep yang dipikirin banget.” (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest