Follow Us

3 Mahasiswa Teknik Pangan ITB Ciptakan Dendeng Plant-Based! Cocok Buat Penderita Hipertensi

Tanya Audriatika - Senin, 17 Oktober 2022 | 18:05
Spirulina Garlic Jerky (SPIGAKY), dendeng plant-based ciptaan 3 mahasiswa Teknik Pangan ITB yang cocok untuk penderita hipertensi.
Dok. laman ITB

Spirulina Garlic Jerky (SPIGAKY), dendeng plant-based ciptaan 3 mahasiswa Teknik Pangan ITB yang cocok untuk penderita hipertensi.

HAI-Online.com - Tiga mahasiswa prodi Studi Teknik Pangan ITB berhasil ciptakan dendeng plant-based dan raih 2nd Winner and Best Innovation Idea pada kompetisi 2nd SEAFAST-Nestlé FPDC 2022.

Di bawah bimbingan Dr. Ir. Dianika Lestari, S.T., M.T., ketiga mahasiswa tersebut yakni Maria Evelyn, Elizabeth, dan Jason Thamleonard.

Kompetisi tersebut hasil kolaborasi Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (FATETA IPB) dan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (HIMITEPA) bersama SEAFAST dan Nestle.

Di 2022 ini, temanya Preventing Indonesia’s Major Health Issues through Development of Plant-Based Food and Beverage for Teen, Adult, and Senior.

Dari tema tersebut, ketiga mahasiswa ini berinovasi bikin dendeng berbahan dasar mikroalga spirulina, dan dinamai Spirulina Garlic Jerky (SPIGAKY).

Bahan dasar spirulina dipilih karena kandungan proteinnya sangat tinggi hingga mampu menyaingi daging.

Baca Juga: Mahasiswi ITB Ciptakan Aplikasi berSATU, Bantu Maksimalkan Potensi dan Masa Depan Atlet Indonesia

Selain itu, proses kultivasi spirulina juga mudah sehingga bahan baku lebih terjamin keberlanjutannya daripada daging merah.

Jason menjelaskan, kalau para dosennya sering mengatakan kalau spirulina berpotensi untuk makanan masa depan karena kultivasinya mudah dan proteinnya sangat tinggi.

“Tinggal perkaranya itu rasa, gimana cara kita bikin ada rasanya dan teksturnya enak. Karena nyatanya orang nggak cuman makan buat nutrisi, tapi buat rasa juga. Jadi untuk fungsi rasa dan fungsi kesehatan kami tambahkan bahan baku bawang putih (garlic),” terangnya dilansir dari laman ITB, Minggu (16/10/2022).

Menurut mereka, kombinasi bahan baku nabati berupa spirulina dan bawang putih itu cocok untuk penderita tekanan darah tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi jadi salah satu penyakit yang paling umum ditemui di Indonesia.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest