Follow Us

Mahasiswi ITB Ciptakan Aplikasi berSATU, Bantu Maksimalkan Potensi dan Masa Depan Atlet Indonesia

Tanya Audriatika - Minggu, 16 Oktober 2022 | 19:02
Andi Ameera Sayaka Cakravasti, pemenang Writing Competition Beswan Djarum 2021/2022 kategori non-eksakta.

Andi Ameera Sayaka Cakravasti, pemenang Writing Competition Beswan Djarum 2021/2022 kategori non-eksakta.

HAI-Online.com - Salah satu mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) ciptakan aplikasi berSATU yang diharapkan bisa bantu atlet muda Indonesia maksimalkan potensi mereka sebagai atlet dan mempersiapkan masa depan setelah karier olahraganya berakhir.

Mahasiswi tersebut Andi Ameera Sayaka Cakravasti, pemenang Writing Competition Beswan Djarum 2021/2022 kategori non-eksakta.

Akrab disapa Ameera, mahasiswi ITB ini ciptakan aplikasi berSATU yang dilengkapi 4 fitur di dalamnya.

Keempat fitur yang juga jadi aspek utama aplikasi ini dipilih dari sisi non teknik dan non olahraga, yang sering dianggap nggak terlalu berkaitan dengan atlet.

“Ini sebenarnya juga penting buat mendukung karier atlet ini baik secara menjadi atlet ataupun setelah mereka pensiun menjadi atlet,” ujar Ameera saat ditemui secara virtual, Kamis (13/10/2022) lalu.

Ameera menyebut kalau keempat aspek ini juga dipilih berdasarkan riset yang ia sudah lakukan sebelumnya, seperti aspek finansial diambil dari data yang menunjukkan kalau para atlet bangkrut 2 tahun setelah mereka pensiun.

Baca Juga: Mahasiswi Juara Writing Competition Beswan Djarum Ingin Mengurangi Limbah Plastik dan Limbah Medis

“Aspek lainnya seperti cuman 2% yang survive menjadi seorang atlet, dan itu aspek yang menyatakan mereka masih membutuhkan pendidikan formal,” lanjutnya.

Data yang menunjukkan 35% atlet mengalami gangguan kesehatan mental juga menjadi alasan kenapa aspek kesehatan mental dipilih.

Berikut perincian keempat fitur yang ada di dalam aplikasi berSATU, sebagai berikut:

  1. Karier Profesional
Fitur ini mendukung para atlet untuk bisa mengeksplor potensi mereka sebagai seorang atlet profesional.

“Aplikasi ini juga dilengkapi fitur pencarian sponsor, supaya mereka bisa punya pegangan selain dari pemerintah,” ujarnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest