Follow Us

Cilincing Flood Resilient Housing, Konsep Rumah Terapung Mahasiswa Arsitektur ITB, Bisa Jadi Solusi Banjir Jakarta!

Tanya Audriatika - Minggu, 31 Juli 2022 | 16:00
Desain rumah terapung untuk banjir Jakarta karya Mahasiswa Arsitektur ITB.
Dok. laman ITB

Desain rumah terapung untuk banjir Jakarta karya Mahasiswa Arsitektur ITB.

HAI-Online.com - Mahasiswa Arsitektur asal ITB, Muhammad Isa Tsaqif bikin konsep rumah terapung yang bertajuk Cilincing Flood Resilient Housing.

Ia merealisasikan desain perumahan apung tahan banjir tersebut lengkap dengan segala fasilitasnya.

Gambar konsep dan potongan umum desain rumah terapung.
Dok. laman ITB

Gambar konsep dan potongan umum desain rumah terapung.

Sebagai warga asal Jakarta, Isa menyadari ancaman yang menghantui wilayah metropolitan ini. Makin didorong oleh isu tenggelamnya Jakarta di 2050, Isa merasa masih kurang pengambilan langkah riil guna mencegah ataupun mengatasi krisis ini.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Universitas Budi Luhur Buka Prodi S1 Manajemen Bencana

Dari premis ini, Isa memutuskan untuk berbalik dan mencari intisari masalah untuk menemukan jawaban yang paling relevan. Dan kesimpulannya yakni mencari cara untuk hidup beradaptasi dalam genangan air tersebut.

Saat disinggung soal latar belakang ide kreatif ini, Isa menyebut sudah banyak bangunan apung namun selama ini bentuknya masih satuan.

“Dengan mencoba untuk merealisasikan konsep rumah padat penghuni apung yang lengkap dengan fasilitas penunjang yang juga dapat mengapung di kala banjir,” jawab Isa dilansir dari laman ITB.

Baca Juga: Sempat Diremehkan Teman dan Gurunya, Lulusan SMK Ini Berhasil Masuk ke Aktuaria ITB: Almahumah Ibu Nyuruh Gue Masuk SMK Biar Lulus Langsung Kerja

Berdasarkan penelitiannya, hampir seluruh kota di daerah pesisir sebenarnya berisiko kehilangan lahan tinggal karena perubahan iklim yang kian mengglobal.

Dari kajian desain yang dibuatnya ini, ia ingin membuka pikiran masyarakat.

“Dengan modal dan ilmu yang cukup, sebenarnya kita dapat memilih untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Bila kita terapkan adat ini, gue yakin hasil kerja gue bisa membantu masyarakat luas dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari,” ungkapnya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest