Follow Us

Zaman dan Teknologi Makin Berkembang, LPKA UMY Luncurkan UKM Baru E-Sport

Tanya Audriatika - Kamis, 13 Oktober 2022 | 20:24
Ilustrasi atlet eSport
DOK. Shutterstock

Ilustrasi atlet eSport

HAI-Online.com - Menanggapi perkembangan zaman dan teknologi, Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) luncurkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru, yakni E-Sport.

Melansir laman UMY, perluncuran dan perkenalan UKM E-Sport ini dilakukan dalam acara pelantikan lembaga dan inagurasi UKM pada Senin (3/10/2022) lalu.

Kepala LPKA UMY, Oki Wijaya, S.P., M.P. menyampaikan, tujuan diresmikannya E-Sport jadi unit kegiatan mahasiswa ini untuk merespon perkembangan zaman dan teknologi.

“E-sport di dunia internasional saat ini sudah punya kompetisi di tingkat nasional maupun internasional yang diakui. Di tingkat nasional kompetisi E-Sport diakui Kemendikbud sedangkan tingkat internasional ada komunitas yang sudah ada olimpiadenya, jadi kita mau nggak mau harus merespon perkembangan zaman yang ada,” tutur Oki.

Oki menambahkan, proses E-Sport jadi UKM ini cukup panjang karena ada beberapa syarat yang belum terpenuhi, seperti struktural yang belum rapi dan SDM masih tumpang tindih dengan UKM lain.

“Sebenarnya pengajuan E-Sport jadi UKM udah dari 2021 kemarin lewat BEM UMY. Tapi karena beberapa hal belum memenuhi syarat, maka kami tunda dulu sampai teman-teman di E-Sport sudah benar-benar siap,” tambahnya.

Baca Juga: Punya UKM E-Sport, UMM Siap Cetak Atlet E-Sport Profesional!

Setelah setahun tertunda, LPKA UMY akhirnya bisa meresmikan E-Sport jadi sebuah UKM.

Setelah setahun masa penundaan, progres kesiapan tim E-Sport, baik dari struktural, SDM, dan kegiatan-kegiatan yang mereka ikuti dalam masa kurun waktu tersebut sudah tertata baik.

Sedangkan untuk fasilitas dan kelengkapan lainnya, Oki menuturkan, saat ini pihak LPKA sedang menyiapkan tempat sekretariat tim E-Sport di area Student Center UMY.

Soal fasilitas seperti komputer dan perangkat lainnya, pihak LPKA bakal coba bekerjasama dengan Kedutaan Amerika Serikat. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest