Follow Us

4 Pelajar Indonesia meraih medali dalam Ajang Olimpiade Kimia di Rusia

- Jumat, 26 Juli 2013 | 06:07
4 Pelajar Indonesia meraih medali dalam Ajang Olimpiade Kimia di Rusia
Hai Online

4 Pelajar Indonesia meraih medali dalam Ajang Olimpiade Kimia di Rusia

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh pelajar Indonesia. Kali ini 4 pelajar Indonesia meraih medali di ajang Olimpiade Kimia di Moskow, Rusia pada 15-24 Juli lalu. Pelajar Indonesia meraih 3 emas dan 1 perunggu.

Dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Jumat (26/7/2013), Kompetisi Olimpiade Kimia yang digelar di Moscow State University ini diikuti oleh 291 pelajar putra dan putri dari 73 negara. Ini merupakan keikutsertaan yang ke-16 kalinya di ajang Olimpiade Kimia Internasional.

Siswa yang menjadi Duta Indonesia di 45th IChO masing-masing telah mempersembahkan 3 medali perak dan 1 perunggu. Berikut hasilnya:

The 45th International Chemistry Olympiad merupakan kompetisi kimia tahunan tingkat dunia yang diikuti siswa SMA terbaik dari setiap negara peserta. Dalam kompetisi ini, setiap siswa menghadapi ujian tertulis kemampuan teori pengetahuan kimia dan keterampilan praktik masing-masing selama 5 jam.

Soal-soal kimia yang disajikan oleh tuan rumah khas banget dengan tradisi Rusia yang sangat unik dan rumit, serta memerlukan imajinasi berdasarkan pengetahuan kimia yang cukup dalam. Dalam soal eksperimen, selain membutuhkan ketrampilan dan kesabaran, dibutuhkan juga strategi yang tepat dalam pengaturan langkah dan waktu.

Menurut mentor tim Indonesia, Riwandi Sihombing PhD, ujian praktik kali ini dengan 3 percobaan masing-masing mengenai analisis kesadahan dan kualitas air, sintesa fenil hidrazon serta penentuan sifat hidrolisis dan berat molekul polimer. Dalam melakukannya kali ini sangat diperlukan keterampilan dan ketelitian yang cermat, serta manajemen waktu yang tepat.

"Soal teori terdiri dari 8 soal esay, untuk menyelesaikannya bukan hanya memerlukan penguasaan teori yang dalam dan spesifik bidang ilmu kimia, tetapi juga memerlukan pemikiran di luar pengetahuan kimia yang telah dipelajari (outside box)," kata Riwandi.

Selamat, Guys!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest