Follow Us

Belajar Maksimal dari Alam

- Kamis, 25 Juli 2013 | 05:08
Belajar Maksimal dari Alam
Hai Online

Belajar Maksimal dari Alam

Yap, warga Pecinta Alam (SISPALA) SMAN 79 Jakarta pada 15-16 Juni 2013 lalu berangkat ke Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut di Kepulauan Seribu, jakarta. Kegiatan yang mereka lakukan merupakan agenda rutin untuk belajar dan menjelajah ke bagian dari alam, salah satunya adalah pantai.

Disana, mereka nggak hanya berlibur saja, tetapi ada materi-materi yang mesti diperdalam, seperti Water Rescue, dan Snorkeling. Tadinya, kedua kegiatan tersebut biasa mereka lakukan di kolam renang. Dan kali ini mereka bisa merasakan di tempat aslinya.

"Water Rescue dan Snorkeling yang biasa mereka lakukan di kolam renang, sekarang mereka lakukan di alam aslinya, dengan begini mereka mampu belajar lebih maksimal terhadap materi-materi di Sispala yang saya berikan," ungkap Mardi Utomo, selaku Pembina sekaligus Pelatih.

Selain itu, mengetahui kalau pohon bakau berperan penting untuk mengurangi abrasi air laut, makanya anggota Sispala angkatan ke-30 ini juga melakukan penanaman pohon bakau di sekitaran Pulau Rambut, yang merupakan "rumah" bagi burung-burung yang ada di Kepulauan Seribu.

Sudah seru main basah-basahan sambil belajar di alam, anggota Sispala juga mengadakan kegiatan sosial. Yaitu bakti sosial pakaian bekas, namun layak pakai kepada petugas-petugas yang menjaga di Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut.

"Meski sudah tiga kali diadakan, tetapi kegiatan kali ini yang juga menyertakan aksi baksos, mudah-mudahan untuk selanjutnya kegiatan ini tetap bisa berlangsung," tambahnya.

Wah, memang kalau ingin belajarnya lebih maksimal, harus menyambangi ke tempat aslinya. Kasusnya kalau pecinta alam, memang harus terjun ke alam, dengan begitu nggah hanya cinta yang tumbuh, namun rasa peduli dan memiliki akan alam juga akan terus terbangun.

Ingin lihat aksi mereka, baca selengkapnya di HAI edisi XXVII/29/2013 terbit 22-28 Juli 2013. Ada bonusnya Skulizm nomor #23. Nggak cuma dari SMAN 79 Jakarta aja, masih ada laporan dari SMA-SMA di belahan Indonesia lainnya, seperti SMKN Sumatera Selatan, SMA Labschool Jakarta, SMA Dwiwarna Bogor, SMAN 28 Jakarta, SMAN 3 Tangerang, SMAN 11 Tangerang, SMA Pangudi Luhur Jakarta, SMAN 70 Jakarta, SMAN 1 Bogor, SMAN 2 Yogyakarta, SMAN 5 Bandung dan cerita di balik kover story karya teman kita.

Semua ada di SKULIZM danhai-online.com.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest