Follow Us

Cara Baru Belajar Kimia, Mahasiswa UGM Bikin Permainan Edukatif Pake Kartu Cleo!

Arlingga Hari Nugroho - Kamis, 01 September 2022 | 08:15
Lima mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) bikin permainan edukatif belajar ilmu kimia dengan kartu Cleo.
UGM.ac.id

Lima mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) bikin permainan edukatif belajar ilmu kimia dengan kartu Cleo.

HAI-Online.com - Pingin belajar soal kimia dengan cara yang beda, para mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) bikin permainan edukatif dengan kartu Cleo!

Permainan kartu Cleo ini merupakan kependekan dari Chemical Learning with Uno Card.

Mengadaptasi permainan kartu Uno, para mahasiswa UGM membuat kartu Cleo sebagai sarana belajar untuk memahami ilmu kimia bagi siswa.

Dilansir dari laman resmi UGM, para mahasiswa dibalik inovasi permainan edukatif ini antara lain Rindi Eliza Arta, Mandrea Nora, Ryan Kusnadi, Tari Hardiani Safitri, dan Iqbal Wahdan Salsabil.

Baca Juga: Punya Usaha Kelontong, Mahasiswi Ini Raup Omset Rp380 Juta Rupiah Per Bulan, Ini Kisahnya

"Cleo dirancang penuh dengan animasi berwarna dan memiliki aturan bermain yang menyenangkan agar mampu tercipta permainan yang menyenangkan dalam belajar ilmu kimia," kata Rindi, Rabu (31/8).

Salah satu fitur menarik dari permainan ini adalah kartu Cleo juga terintegrasi oleh teknologi Augmented Reality (AR) dan dilengkapi dengan Voice Over (VO) sebagai penunjang.

Teknologi AR menampilkan informasi tambahan mengenai unsur kimia yang bersangkutan apabila dilakukan scanning pada kartu menggunakan aplikasi yang telah disiapkan.

Baca Juga: Video Perpisahannya Viral di TikTok, Warga Maluku Tangisi Kepulangan Tim KKN Mahasiswa UGM

“Adanya voice over tersebut, Cleo juga dapat dinikmati oleh semua kalangan termasuk yang memiliki keterbatasan sekalipun,” ungkap Iqbal.

Inovasi kartu Cleo ini diharapkan Iqbal bisa hadir sebagai salah satu sarana pembelajaran ilmu kimia dengan cara yang berbeda yaitu dengan permainan kartu.

Inovasi permainan kartu Cleo diakui Iqbal masih terus dalam pengembangan untuk menyempurnakan sistem mengikuti kebutuhan pasar.

Gimana sob, makin seru kan belajar ilmu kimia!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular