Follow Us

Cosoya: Kue Kering dari Tepung Kecambah Kedelai Buatan Mahasiswa UB , Diklaim Bisa Meningkatkan Imun

Tanya Audriatika - Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:00
Cosoya, kue kering gagasan tim mahasiswa UB yang dianggap bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.
Dok. laman Universitas Brawijaya

Cosoya, kue kering gagasan tim mahasiswa UB yang dianggap bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

HAI-Online.com - Tim Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (UB) membuat kue kering yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Kue kering yang bahan utamanya dari tepung kecambah kedelai ini dinamakan Cosoya.

Cosoya digagas lima mahasiswa, yakni ada Dwi Kusuma Ardyanti, Anggita Dwi Lestari, Adindanvia Putri Arfiani Pramita, Ana Faiqotun Nuriyah, dan Nouval Dinillah.

Mereka membuat kue kering ini dari tepung kecambah kedelai terelisitasi yang diperkaya bubuk kakao sebagai imunomodulator untuk meningkatkan kerja sistem imun tubuh.

“Cosoya dibuat dari kedelai, gula palm dan kakao. Ketiganya dipilih karena indeks glikemiknya rendah,” ujar salah satu anggota tim, Faiq, dilansir dari laman UB, Rabu (17/8/2022).

Selain itu, kedelai dan kakao juga punya kandungan senyawa flavonoid dan isoflavone yang merupakan salah satu senyawa antioksidan.

Baca Juga: Dosen FK Universitas Brawijaya: Begini Penanganan dan Cara Mencegah Cacar Monyet atau Monkeypox!

Sehingga dari bahan ini dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kue kering yang bermanfaat sebagai penunjang imunitas tubuh.

Dalam formulasinya, Cosoya sendiri menggunakan bahan baku 100 persen alami yang berasal dari tepung kecambah kedelai yang sudah dielisitasi. Diperkaya dengan kakao yang mengandung senyawa antioksidan cukup tinggi, protein, rendah gula, rendah kalori.

Pengemasan produk Cosoya dilengkapi dengan website yang terintegrasi pada kemasan yang dapat discan melalui QR code.

Website ini bertujuan untuk media informasi, media konsultasi konsumen dengan doktor, serta media pemesanan produk Cosoya.

Cosoya saat ini merupakan salah satu inovasi dari UB yang lolos pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest