Follow Us

Personelnya Punya Banyak Proyek Musik Lain, Ahmad Dhani: Dibandingkan sama Dewa 19, Kualitasnya Jauh!

Reinaldy Royani - Selasa, 30 Agustus 2022 | 18:05
Ahmad Dhani ungkap kualitas Dewa 19 yang nggak dimiliki proyek musikal lain para personelnya
Flickr

Ahmad Dhani ungkap kualitas Dewa 19 yang nggak dimiliki proyek musikal lain para personelnya

HAI-ONLINE.COM - Dari sekian banyak pergantian formasi Dewa 19, nama Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan nggak pernah tergantikan sosoknya di band.

Berbicara mengenai awetnya hubungan musikal mereka, Dhani menjelaskan kalo ada sebuah standar kualitas yang nggak bisa ditemukan para personel Dewa 19 di luar band ini, termasuk Andra Ramadhan, Ari Lasso, dan Once Mekel.

"Hanya dengan Dewa 19 ini kita punya standar kualitas yang terjaga," ujar Dhani seperti dikutip dari channel YouTube Azizah Hanum.

"Saya bukan meremehkan kualitas solo albumnya Ari Lasso ya, tapi kalo dibandingkan kualitasnya dengan Dewa 19 ya jauh lah. Andra boleh mencoba berkualitas dengan Andra and the Backbone, tapi nggak akan mendapat kualitas seperti ada di Dewa gitu," imbuhnya.

Baca Juga: Rahasia Sukses Album Bintang Lima, Ahmad Dhani: Ada Perpaduan Vokal yang Baik dari Saya dan Once!

Dhani bilang kalo kualitas yang terjaga di Dewa 19 ini salah satunya adalah cara berpikir pemain keyboard seperti dirinya yang lebih kompleks.

"Once aja pasti juga ngerasain ketika dia nyanyi sendiri solo album dengan nyanyi bersama Dewa pasti beda. Ada kualitas yang kurang gitu ketika dia nyanyi sendiri," terang frontman Dewa 19 ini.

Meskipun begitu, ayah Al El Dul ini juga merasakan ada kualitas yang kurang saat menggarap proyek lain di luar band utamanya ini.

Baca Juga: Rayakan Hari Lahir Dewa 19 di Lombok, Ahmad Dhani: Banyak yang Salah Nebak Umur Band Kita!

"Di luar Dewa saya juga nggak punya sofistikasi suaranya Once, saat seperti Andra bikin Andra and the Backbone. Udah nggak ada Ahmad Dhani, nggak ada magic-nya Once, nggak ada magic-nya Ari Lasso, stress dia!" tukas Dhani sambil tertawa.

Kemudian bos RCM ini juga menegaskan kenapa sampai saat ini Dewa 19 nggak punya vokalis tetap dan terus menerus pake format featuring.

"Andra belum mau, nggak tahu. Andra maunya ya masih kalo nggak Lasso ya Once. Kalo misalnya Once sama Ari Lasso meninggal dunia ya Andra nggak mau ngeband sama yang lain mungkin," terang Dhani.

(*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest