Follow Us

Rahasia Sukses Album Bintang Lima, Ahmad Dhani: Ada Perpaduan Vokal yang Baik dari Saya dan Once!

Reinaldy Royani - Selasa, 30 Agustus 2022 | 14:35
Kolaborasi range vokalnya dan Once dianggap Ahmad Dhani menjadi salah satu rahasia kesuksesan album kelima Dewa, Bintang Lima.
Grid.Id

Kolaborasi range vokalnya dan Once dianggap Ahmad Dhani menjadi salah satu rahasia kesuksesan album kelima Dewa, Bintang Lima.

HAI-ONLINE.COM - Bukan rahasia kalo kebanyakan lagu Dewa 19 punya nada-nada yang tinggi dan sulit dinyanyikan orang sembarangan! Mulai jaman Ari Lasso sampai era Once. Menurut Ahmad Dhani, range vokal tinggi adalah syarat menjadi vokalis band legend ini.

Saat Dewa 19 mengalami perubahan formasi dari era Pandawa Lima ke Bintang Lima, mereka cukup gambling dengan mengganti vokalis Ari Lasso yang emang karakter suaranya sudah melekat di band.

Namun, mereka membuktikan taringnya lewat album 'Bintang Lima' malah makin melejit di pasaran melebihi penjualan album Dewa 19 manapun.

"Untungnya ada Once, saya nggak mau bilang kalo Once adalah dewa penyelamat dari Dewa 19 karena nanti takutnya dia besar kepala. Yang jelas kita semua punya burden, punya beban yang berat untuk menjadikan Dewa tetap eksis," ujar Dhani dikutip dari VIDEO LEGEND.

Baca Juga: Roman Picisan Kalah Ngetop sama Separuh Nafas, Once: Gue Ketawa

"Kita nggak kepikiran kalo Dewa akan lebih terkenal, yang penting Dewa tetap eksis," imbuhnya.

Mengenai pergantian vokalis, Dewa 19 punya syarat yang harus dipenuhi seorang vokalis untuk masuk dalam band.

"Cukup simple, yang penting suaranya tinggi. Kalo syarat menjadi vokalis Dewa itu suaranya nggak harus tinggi, ya saya bisa juga jadi penyanyi Dewa 19. Tapi karena saya suaranya nggak tinggi, kita harus tetap mencari vokalis yang suaranya tinggi note-nya, meskipun rendahnya kurang bagus. Karena rendah bisa saya isi," tegas Dhani.

Baca Juga: Pertama Kali Ketemu Once Nyanyiin Lagu Deep Purple, Andra Ramadhan: Ini Baru Namanya Vokalis!

Menurutnya, suara rendah juga memiliki tingkat kesulitan yang sama dengan suara tinggi. Sehingga duet vokal Once dan Dhani menjadi klop dan sangat ngena di telinga penikmat musik tanah air.

"Kebetulan saya rendahnya bagus, Once tingginya bagus. Sehingga di dalam album 'Bintang Lima' itu ada perpaduan range vokal yang baik. Misalnya lagu 'Sayap-Sayap Patah', rendahnya saya yang ambil karena Once nggak kuat rendah segitu," tukas musisi kelahiran 1972 ini.

Ayo ngaku aja deh, siapa yang pernah sampe kecekek pas nyobain karaoke lagu 'Sayap-Sayap Patah' di bagian Once yang 'Sayangku! Ku mohon tetap di sini!'

(*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular