Follow Us

Cholil Mahmud: Efek Rumah Kaca Sering Nulis Lagu Kritik Sosial Karena Banyak Baca Koran

Arlingga Hari Nugroho - Kamis, 25 Agustus 2022 | 12:35
Vokalis Efek Rumah Kaca, Cholil Mahmud, mengaku kalau inspirasinya menulis lagu datang ketika dirinya banyak baca koran.
Instagram/sebelahmata_erk

Vokalis Efek Rumah Kaca, Cholil Mahmud, mengaku kalau inspirasinya menulis lagu datang ketika dirinya banyak baca koran.

HAI-ONLINE.COM – Vokalis band indie Efek Rumah Kaca (ERK), Cholil Mahmud, ungkap pengalamannya saat sedang menulis lirik lagu.

Punggawa band indie asal Jakarta ini memang dikenal sebagai kelompok musik yang punya banyak lagu dengan tema kritik sosial.

Ketika ditanya soal menulis lirik lagu, Cholil mengaku kalau inspirasinya menulis lirik lagu justru karena banyak baca koran.

Baca Juga: Rekomendasi Lagu Indie Rebahan Punya Bin Idris, Cholil Mahmud: Jadi Theme Song Buat Nyantai di Rumah

"Nggak dari mana-mana, Le. Kebanyakan baca koran aja," ucap Cholil saat diwawancara Soleh Solihun di channel YouTube Authenticity ID tahun 2021 lalu.

Cholil menjelaskan kalau lirik lagu yang selama ini ditulisnya itu sama sekali nggak sepuitis seperti puisi atau sajak yang ditulis oleh penyair Chairil Anwar atau W.S. Rendra.

Pelantun lagu 'Di Udara' itu lebih suka menyebut dirinya seperti seorang jurnalis yang sedang menulis lirik lagu.

"Bagaimana satu topik tertentu diangkat, bikin esai, terus dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan nada-nada di lagunya kan," kata Cholil.

Baca Juga: Ikut Suarakan Perlawanan, Berikut Rekomendasi Lagu Indie Efek Rumah Kaca Tentang Kritik Sosial!

"Jadi akhirnya beberapa suku kata kita buang tapi maksudnya jangan sampai hilang, jadi lebih ke situ," imbuhnya.

Band yang terbentuk sejak tahun 2001 itu punya banyak lagu kritik sosial yang populer di kalangan penggemar musik indie.

Beberapa di antaranya hadir dalam lagu 'Mosi Tidak Percaya', 'Belanja Terus Sampai Mati', 'Jalang', 'Jingga', 'Jangan Bakar Buku', 'Merah', dan lain-lain.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular