Follow Us

Penasaran dengan Sosok Batara dan Darminah di Pengabdi Setan 2, Joko Anwar Membahasnya Nih!

Arlingga Hari Nugroho - Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:30
Joko Anwar punya cerita sendiri nih tentang peran Batara dan Darminah dalam film Pengabdi Setan.
GRID.id

Joko Anwar punya cerita sendiri nih tentang peran Batara dan Darminah dalam film Pengabdi Setan.

HAI-ONLINE.COM – Masih ingat karakter Batara (Fachry Albar) dan Darminah (Asmara Abigail) di film Pengabdi Setan?

Sutradara Joko Anwar punya cerita sendiri nih tentang peran Batara dan Darminah dalam film Pengabdi Setan (2017) dan Pengabdi Setan 2: Communion (2022).

"Di (akhir) film yang pertama, ada dialog Darminah kepada Batara, 'sudah waktunya kita panen lagi'. Dijawab oleh Batara, 'sabar, Darminah'. Waktunya akan tiba, sehingga harus bersabar," kata Joko Anwar saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/8).

Baca Juga: Joko Anwar Resmi Nambahin Flash Warning di Film Pengabdi Setan 2: Communion!

Nah dari dialog ini nih, Joko Anwar kayak ngasih tau ke kita kalau kedua karakter itu adalah seorang harvesters alias pemanen.

Ketika ditanya soal harvesters yang seperti apa, Joko Anwar bilang kalau hal ini belum bisa diungkapkannya.

"Kemudian, di Pengabdi Setan 2: Communion, disebutkan bahwa mereka ternyata, kalau dilihat-lihat, ada kemungkinan mereka bukan bagian dari komuni," ujar Joko Anwar.

Joko Anwar juga menambahkan kalau hal ini bisa dilihat pada bagian akhir film.

Baca Juga: Ratu Felisha bilang Peran Ayu Laksmi jadi Ibu di Pengabdi Setan 2 Beneran Horor: Gue Nggak Berani Ngajak Ngobrol!

"Karena, mereka (Batara dan Darminah) membiarkan mereka, komuni terjadi pada malam itu dan mereka tidak hadir, kalau (dilihat) dari dialog yang disebut dari Darminah di akhir (film)," imbuhnya.

Makin bikin orang penasaran, Joko Anwar menggoda kalau sebenarnya beberapa dialog di dalam film jadi petunjuk untuk mengungkap sosok Batara dan Darminah.

"Tinggal didengar saja dialognya, seharusnya bisa menyimpulkan mereka siapa. Jadi, nggak perlu ditanya bocoran atau clue. Karena, sebenarnya, clue-nya ada banyak sekali di filmnya sendiri, yaitu di Pengabdi Setan (2017) dan Pengabdi Setan 2: Communion tentang Batara dan Darminah," ucap Joko Anwar. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest