Follow Us

Rahma Agustina, Patahkan Stigma Lulus SMK Langsung Nikah Dengan Bekerja di Bidang IT

Tanya Audriatika - Senin, 08 Agustus 2022 | 09:22
ilustrasi iOS
9to5Mac.com

ilustrasi iOS

HAI-Online.com - Rahma Agustina Kusumaningrum berhasil patahkan stigma kalau perempuan setelah lulus sekolah langsung menikah.

Perempuan lulusan SMK ini juga membuktikan kalau perempuan bisa bekecimpung di dunia teknologi.

Hal ini lantaran dirinya berhasil menjadi seorang iOs developer di salah satu perusahaan pembuat software, yakni Clappingape di Jakarta.

Hal ini berangkat dari ketika Rahma lulus dari MTs, ia kemudian melanjutkan sekolah di SMK Raden Umar Said (SUS) Kudus, Jawa Tengah.

Di Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak ini, Rahma tercatat sebagai salah satu dari 8 perempuan dalam kelas yang punya mahasiswa total 25 siswa.

"Banyak di kampung saya itu anak-anak yang diharuskan untuk menikah. Kita sebagai perempuan harus mandiri juga independen," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek melalui Kompas.com, Minggu (7/8/2022).

Baca Juga: Kisah Nurrohman, Lulusan SMK yang Kelola Server Asing dan Digaji Ratusan Dolar!

Rahma juga menambahkan, “Karena kita nggak tahu ada masalah apa ke depannya yang membuat kita harus stand up sendiri,” lanjutnya.

Awalnya nggak didukung orang tua

Rahma menceritakan kalau ia awalnya nggak diizinkan orangtua nya untuk melanjutkan karier di Jakarta karena khawatir orang tuanya akan kondisi Rahma sebagai perempuan yang merantau di kota yang terkenal dengan kehidupan yang keras.

“Dulu sempet cekcok sama orang tua itu kamu nanti gimana di sana, kalau sakit sendirian. Akan tetapi, setelah diyakini bekerja di Jakarta itu nggak seseram yang dibayangkan akhirnya dibolehkan dan didukung sampai sekarang,” terangnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest