Follow Us

Karya Perdana Bersama Vokalis Baru, Thirteen Rilis Single 'Tunduk'

Reinaldy Royani - Selasa, 26 Juli 2022 | 15:35
Thirteen merilis lagu baru berjudul 'Tunduk'
Press Release

Thirteen merilis lagu baru berjudul 'Tunduk'

HAI-ONLINE.COM – Lama nggak kedengeran kabarnya, band post-hardcore (sekarang mereka bilang whatevercore) asli Jakarta, Thirteen kembali merilis sebuah lagu bertajuk ‘Tunduk’ yang merupakan karya perdana mereka dengan vokalis baru.

Sebelum dunia beristirahat sejenak karena pandemi Covid-19, Thirteen sebenarnya lagi siap-siap untuk melanglangbuana bareng Ibrahim Aziz, sang vokalis baru.

“Di saat Thirteen Army (sebutan fans Thirteen) dan penikmat musik lain mengira kami “hiatus”, sebenarnya kami terus membuat karya selama 2 tahun terakhir,” ujar Thirteen dalam rilisan persnya.

‘Tunduk’ merupakan single yang dirilis pada Juni lalu dan merupakan salah satu nomor dari beberapa karya yang akan mereka sebar ke telinga penikmat musik Tanah Air.

Lagu ini digodok oleh Riko Wibowo (Bass) dan Bondry Haryo (Gitar) yang terus melakukan workshop untuk karya-karya baru Thirteen selama pandemi dan menghabiskan banyak waktu di rumah.

Baca Juga: Thirteen Ngaku Nggak Masalah Buat Reuni Bareng Formasi Lama

Setelah matang, akhirnya Rizky Zulfian/Eponk (Synth/Keyboard) memberikan sentuhan manis sebelum akhirnya disajikan ke publik. Dan ‘Tunduk’ menjadi salah satunya.

“Selama dua tahun terakhir orang-orang ngiranya kita lagi hiatus, padahal kita bikin lagu terus. Cuma emang karena kita banyak maunya, kadang lagu-lagu yang dibuat malah banyak dan kalo ada yang udah sreg, ada aja BM-nya buat nambah ini itu. Sampai akhirnya lama untuk dirilis,” kenang Bondry sebelum perilisan Tunduk.

Di lagu ini, Aziz turut menyumbang lirik dan menunjukkan taringnya dalam menampilkan vokal yang variatif dan eksploratif. “Di lagu ini gue pengen coba untuk bisa nyanyi, nggak cuma scream. Sebenernya di album Aksi di beberapa lagu kayak Distopia di situ gue nyanyi kan. Tapi mungkin banyak yang belum ngeh. Sedangkan di Tunduk gue pengen eksplor kalo gue nyanyi gimana,” ujar Aziz.

“Oke juga nih pas Aziz bisa juga nyanyi sama scream. Dan karakternya tuh bisa jadi warna baru lagi buat Thirteen. Apalagi gue ngeliat ke depan mungkin Thirteen bakal balik kayak dulu yang ada main synthnya dari Eponk. Jadi ditunggu aja lagu-lagu yang lainnya akan seperti apa,” tukas Bondry.

Baca Juga: Mengintip Bocah OG Citayam, Kapok Nongkrong di Sudirman, Balik ke Rumah Mancing Ikan

Untuk saat ini, Thirteen tengah dalam proses menggodok beberapa materi baru dan rencananya di tahun 2022 akan merilis beberapa single yang akan masuk ke dalam EP di akhir tahun.

Wah keren juga nih lagu barunya! Siapa yang udah kangen berat sama Thirteen ngacung!

(*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest