Follow Us

Mark Zuckerberg Pamerin Empat Perangkat VR Buat Jelajah Metaverse!

Reinaldy Royani - Selasa, 21 Juni 2022 | 15:00
Mark Zuckerberg pamerin VR di Instagramnya
Instagram @zuck

Mark Zuckerberg pamerin VR di Instagramnya

HAI-ONLINE.COM - Dalam unggahan video reels di Instagramnya, CEO Meta, Mark Zuckerberg pamerin empat prototipe perangkat Virtual Reality. Dan keempat VR ini memang dirangcang untuk menjelahah dunia virtual di metaverse sehingga terasa seperti di dunia nyata.

Buat yang belum tahu, Metaverse adalah konsep yang memungkinkan setiap orang untuk berinteraksi, bekerja, bermain game, dan melakukan banyak hal lainnya melalui dunia virtual dan setiap orang akan memiliki avatar 3D yang unik.

Semenjak Facebook Inc. berganti nama menjadi Meta Platforms Inc, Mark Zuckerberg memang menjadikan metaverse sebagai salah satu prioritas utama perusahaan.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Album Legendaris Radiohead, Ini 5 Fakta Menarik Tentang 'OK Computer'!

Oleh karena itu, metaverse mulai mengembangkan perangkat keras seperti Virtual Reality atau VR.

“Hari ini gue mau menunjukkan empat prototipe VR yang kami kerjain buat menciptakan tampilan realistik yang jelas seperti dunia nyata,” ujar Mark dalam unggahan Instagramnya.

Ia mengatakan dalam videonya kalau saat ini mereka tengah mengembangkan perangkat VR yang lulus dalam sebuah tes yang dilakukan untuk mengetahui apakah komputer dapat berpikir layaknya manusia. Dalam tes ini, perangkat VR karya Meta haru dapat meyakinkan otak manusia kalau apa yang dilihat melalui VR itu nyata.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Ungkap WhatsApp Bakal Punya Fitur Multi-Device, Satu Akun Bisa Dipakai di 4 Perangkat!

Guna mencapai titik tersebut, tantangan pertama yang harus diselesaikan oleh VR adalah soal resolusi retina yang harus mencapai 60 pixel per derajat seperti mata manusia.

Kemudian tantangan kedua adalah untuk membuat VR dapat fokus melihat sesuatu yang dekat dan jauh layaknya mata manusia, kemudian distorsi video dengan cara yang sangat cepat sehingga tidak terlihat oleh mata manusia. Meski membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk menyatukan semua teknologi ke dalam satu perangkat VR yang ringkas, Mark Zeuckerberg mengaku sangat bersemangat.

"Masih banyak yang harus dilakukan, tetapi gue sangat bersemangat untuk membawa semua teknologi ini ke produk kami di masa mendatang,"

(*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest