Follow Us

5 Jenis Pekerjaan yang Diprediksi Paling Dibutuhkan di Metaverse

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 07 Januari 2022 | 14:00
Ilustrasi Metaverse.

Ilustrasi Metaverse.

HAI-Online.com – Metaverse menjadi perbincangan yang ramai dalam beberapa waktu terakhir setelah Facebook Inc akhirnya melakukan perubahan nama menjadi Meta.

Perubahan nama Facebook Inc ini diumumkan langsung oleh pendiri sekaligus CEO perusahaan, Mark Zuckerberg, dalam konferensi tahunan Connect yang digelar Oktober tahun lalu.

Nama Meta Inc diambil dari istilah Metaverse. Menurut Mark, Metaverse akan menjadi dunia virtual 3 dimensi yang dapat dimasuki oleh manusia menggunakan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality. Bahkan, disebut-sebut berhubungan juga dengan blokchain dan aset kripto.

Diprediksi, di Metaverse manusia akan beraktivitas dan bersosialisasi dengan sesama secara virtual. Teknologi membuat aktivitas dan sosialisasi menjadi nggak lagi terbatas oleh jarak dan ruang.

Melansir platform edukasi Schoters Indonesia, dunia Metaverse juga akan membutuhkan banyak tenaga kerja di masa depan. Siapin diri dari sekarang, nih!

Baca Juga: 6 Prospek Kerja Jurusan Kuliah Pariwisata, Nggak Cuma Jadi Guide Lho!

  1. Metaverse Cyber Security
Kehidupan di dunia maya juga memerlukan sistem keamanan yang melindungi para pengguna, termasuk perusahaan. Inilah mengapa profesi Cyber Security kian dibutuhkan di masa mendatang.

Kamu akan menyusun cara untuk blokir serangan secara real-time, serta memastikan bahwa undang-undang dan protokol keamanan bagi dunia maya bisa dipertimbangkan, ditingkatkan, maupun diciptakan.

Karena Metaverse akan menjadi dunia internet yang sangat luas dan nggak terbatas, serangan cyber hingga penipuan berpotensi banyak terjadi. Sehingga dibutuhkan tenaga kerja sebagai Cyber Security.

Rekomendasi jurusan kuliah untuk bergelut di profesi ini antara lain:

  • Cyber Security
  • Information Technology Law
  1. Construction engineers
Sama seperti dunia nyata yang memerlukan profesi konstruksi untuk merancang dan membangun bangunan, Metaverse juga membutuhkannya.

Profesi ini akan menyusun pola dunia Metaverse dari desain, bentuk dan proses pembuatan hingga penyelesaian.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest