Follow Us

Nggak Mau Berat Badan Bertambah Saat Lebaran, Begini Cara Atur Makan, Tidur dan Olahraga Pasca Hari Raya!

Al Sobry - Sabtu, 30 April 2022 | 14:14
Mau berat Badan turun

Mau berat Badan turun

Menurut data Nutrifood Research Center yang dibagikan pada Senin (25/4/2022) lalu, kenaikan berat badan yang dialami banyak orang selama masa liburan paling lama tetap bertahan pada waktu 6 minggu setelah liburan dan mencapai 51 persen mengalami kenaikan dari total kenaikan berat badan tahunan.

Baca Juga: Meski Tabu Dibicarakan, Ilmuwan Harvard Sebut Alien itu Nyata, Ini Teorinya!

Hal ini jika tidak diperhatikan dengan baik dapat menyebabkan masalah kegemukan di usia lanjut. Nggak heran, banyak dari kita yang perutnya mulai sudah tidak rata, terlebih saat balik dari mudik dan merayakan lebaran.

Rendy melanjutkan, asupan gula, garam, dan lemak harus diperhatikan dan tidak boleh berlebih. Bukan tidak mengonsumsinya tapi membatasinya.

Ia mengingatkan lagi, batasan maksimal asupan harian untuk gula adalah 50 gram, garam 5 gram, dan lemak 67 gram.

“Cara membatasi gula yaitu dengan mengonsumsi yang manis alami seperti dari buah atau dengan pemanis rendah kalori. Untuk mengurangi garam, cukup dengan penggunaan rempah, jamur, dan mengurangi kondimen seperti pakai saus, sambal, kecap. Untuk mengurangi lemak bisa kurangi metode masak deep fry karena ketika menggoreng secara minyak pun banjir, lemak itu menyerap ke makanan apalagi yang bertepung, bebernya.

Baca Juga: Jagain Otot dan Otak Kita, Ini 5 Asupan Nutrisi Penting untuk Selama Ramadan

Untuk yang sedang menjaga berat badannya, Certified Nutrition and Wellness Consultant & Co-Founder MUFIT, Aldis Rusli, SKM, CNWC juga mengingatkan jangan percaya pada satu mitos yang menyebutkan, menjaga berat badan itu cukup dengan menjaga pola makan saja.

Padahal, menurutnya masih ada dua hal lainnya yaitu menjaga waktu istirahat atau tidur, dan serta aktivitas fisik alias olahraga.

Untuk tidur, usahakan durasi istirahatnya mencapai 7-8 jam perhari. Jika kurang dari 5 jam perharinya, maka akan juga berisiko mengalami kenaikan berat badan.

Sementara untuk aktivis fisik, tergantung tujuan masing-masing. Olahraga dengan intensitas tinggi membantu mencegah kenaikan berat badan dan juga menjaga penurunan berat badan karena adanya program diet misalnya.

Aktivitas fisik ini sebaiknya rutin dilakukan saat puasa, jelang lebaran dan setelahnya, semu bisa dimulai dari yang paling dasarnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest