Follow Us

5 Tips Tetap Sehat Mudik Pakai Angkutan Umum ala Pakar Unpas

Tanya Audriatika - Sabtu, 30 April 2022 | 13:05
Ilustrasi mudik
Kompas

Ilustrasi mudik

HAI-Online.com - Setelah dua tahun dilarang mulik ke udik alias mudik demi jaga jarak fisik dan mencegah meningkatnya kasus Covid-19, akhirnya tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat mudik dan merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

Karena masih dalam situasi pandemi, pemerintah menetapkan sederet syarat mudik yang harus ditaati.

Selain menaati persyaratan, berikut tips mudik sehat dan aman ala Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (Unpas), dr. Trias Nugrahadi, Sp.KN(K), terutama buat lo yang mudik pakai kendaraan umum:

  1. Lengkapi vaksinasi Covid-19
Vaksin Covid-19 jadi syarat mudik 2022 yang wajib dipenuhi. Pemudik diharuskan melengkapi vaksin booster atau vaksin dosis kedua.

Pemudik diimbau melakukan tes PCR jika baru mendapatkan vaksin dosis pertama. Sementara untuk vaksin dosis kedua cukup dengan tes antigen.

Baca Juga: Sudah Jalan Sejak 1970-an, Begini Tradisi Mudik Kata Antropolog UGM

“Sebaiknya lakukan vaksinasi jauh-jauh hari sebelum mudik untuk menghindari efek samping setelah vaksin,” katanya di Podcast Unpas Talk Spesial Ramadan, dikutip dari laman Unpas, Sabtu (30/4/2022).

  1. Terapkan prokes
Meski sudah vaksin, jangan lengah dan tetap terapkan protokol kesehatan yang berlaku ya. Gunakan masker sesuai standar, menjaga jarak, hindari kerumunan, rutin cuci tangan, membawa hand sanitizer, dan ketentuan lain yang berguna untuk mencegah penularan Covid-19 selama perjalanan mudik.

Baca Juga: 5 Lagu Indonesia yang Cocok Diputar Pas Perjalanan Mudik Atau Balik!

  1. Cek kondisi kesehatan
Sebagai pemudik, lo harus memastikan tubuh dalam kondisi baik dan kuat melakukan perjalanan jauh. Kalau kondisi tubuh nggak terlalu baik, segera periksakan diri ke dokter.

“Kalau tetap memaksakan mudik padahal tubuh sedang tidak sehat, dikhawatirkan akan berdampak buruk dan mengganggu perjalanan mudik. Konsumsi makanan bergizi secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh di perjalanan,” papar Trias.

  1. Istirahat yang cukup sebelum berangkat
Perjalanan mudik yang jauh, apalagi memakan waktu lebih dari sehari, tentunya bakal menguras tenaga. Untuk itu, pastikan lo istirahat yang cukup sebelum berangkat.

“Kurangi aktivitas yang berat dan melelahkan, minimal satu hari sebelum mudik supaya tubuh tetap fit,” katanya.

  1. Bawa perlengkapan kesehatan
Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan, seperti obat-obatan pribadi dan perlengkapan P3K untuk mengantisipasi kondisi tubuh down saat mudik.

“Bawa obat-obatan pribadi atau obat-obatan umum, misalnya obat demam, obat sakit kepala, obat untuk mencegah mabuk, dan lain-lain,” pungkasnya. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest