Follow Us

Kenalan Sama Jurusan Fisika dan Geofisika Sekaligus Prospek Kerjanya

Dok Grid - Sabtu, 05 Maret 2022 | 16:05
Cara membaca cuaca ini dipelajari di jurusan geofisika
(BMKG.go.id)

Cara membaca cuaca ini dipelajari di jurusan geofisika

HAI-ONLINE.com - Penerimaan mahasiswa baru sebentar lagi, buat kalian yang butuh informasi soal jurusan perguruan tinggi, HAI udah rangkum salah satunya nih.

Yap, jurusan fisika dan geofisika!

Informasi ini cocok buat kalian yang masih mencari bahan pertimbangan ketika memilih jurusan nanti, baik lewat jalur SNMPTN, UTBK SBMPTN, ataupun jalur Mandiri di 2022 ini.

Lewat acara Red Campus Talk #150 bertemakan "Break the Spectrum of Impossibility", Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin (Unhas) membeberkan soal program studi (prodi) Fiisika dan Geofisika dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unhas.

Semua ilmu teknik akarnya dari ilmu Fisika

Ketua Departemen Fisika Unhas Prof. Dr. Arifin menjelaskan, jurusan Fisika merupakan bidang ilmu yang mempelajari alam melalui pemahaman teori dan rumus Matematika. Selain itu, ilmu ini juga menjadi ilmu dasar untuk semua bidang ilmu keteknikan.

"Semua ilmu teknik berakar dari ilmu Fisika dan ilmu lainnya. Sehingga ilmu Fisika ini berperan penting dalam perkembangan teknologi industri, teknologi komunikasi," terang Prof. Arifin seperti dikutip dari laman Unhas, dilansir Kompas.com, Jumat (4/3/2022).

Menurutnya, ilmu Fisika juga diterapkan di bidang kedokteran.

Baca Juga: Moshing Menurut Studi Fisika/Sosiologi

Dia menerangkan, prodi ini sangat cocok bagi calon mahasiswa dengan keingintahuan tinggi terhadap perkembangan teknologi yang semakin canggih dan mutakhir.

Dalam acara tersebut, Ketua Departemen Geofisika Unhas Muh Alimuddin juga menyampaikan profil prodi Geofisika. Alimuddin menambahkan, saat memilih prodi ini, mahasiswa akan fokus mempelajari tentang berbagai permasalahan yang berkaitan dengan kebumian mulai dari darat, udara, sampai laut.

Adapun prospek lulusan dari prodi ini akan banyak bekerja dibidang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest