Follow Us

4 Fungsi Kumis pada Kucing, Salah Satunya sebagai Perlindungan Diri

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 29 Januari 2022 | 14:05
Kucing

Kucing

HAI-Online.com - Kumis kucing bisa dibilang menjadi bagian terpenting untuk kucing. Keberadaan kumis kucing tersebut menjadi faktor utama mereka bisa melompat dari ketinggian tanpa terjatuh dan cedera.

Melansir Kompas.com, informasi dari Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menjelaskan sejumlah fungsi kumis pada kucing.

Baca Juga: 5 Hewan Ini Bisa Menyimpan Dendam ketika Disakiti, Salah Satunya Anjing

"Pernah enggak, sih, #SahabatDikbud memperhatikan ketika kucing dapat masuk ke ruangan sempit, gelap, dan meloncat dari ketinggian tanpa terjatuh dan cedera? Ternyata itu karena kumisnya, lo!" tulis akun Instagram Kemendikbud Ristek.

Berikut ini 4 manfaat kumis pada kucing yang perlu kalian ketahui, apalagi kalo kalian juga memelihara kucing di rumah:

1. Penyeimbang tubuh

Kumis kucing berfungsi sebagai penyeimbang tubuh. Cara kerjanya kumis tersebut terus menerus mengirimkan sinyal ke otak tentang posisi anggota tubuhnya. Sebab itu, nggak usah heran ketika kucing bisa masuk ke ruangan sempit dan melompat ke tempat tinggi tanpa terjatuh dan cedera.

2. Alat sensorik

Perlu diketahui ternyata mata kucing yang besar membuat mereka mengalami rabun dekat. Kumis pada kucing yang sensitif membuatnya berfungsi sebagai organ sensorik utama. Sehingga, kumis pada kucing juga berfungsi sebagai alat sensorik penglihatan.

Baca Juga: Kenalan sama Jonathan, Kura-Kura Tertua di Dunia yang Tahun Ini Berusia 190 Tahun!

3. Ekspresi emosi

Selain terhubung dengan pembuluh darah dan saraf, kumis pada kucing juga terhubung dengan otot-otot yang dapat digerakkan. Saat merasa terancam, kucing akan menarik kumisnya ke belakang moncongnya.

Halaman Selanjutnya

4. Perlindungan
1 2

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest