Follow Us

Layaknya Manusia, 5 Binatang Ini Ternyata Juga Bisa Nyimpen Dendam Jika Disakiti!

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 23 Januari 2022 | 19:10
Ilustrasi harimau
Pixabay

Ilustrasi harimau

HAI-Online.com – Pernah melihat kejadian hewan yang tiba-tiba ngajak kawanannya buat balas dendam karena udah diusilin manusia? Bisa jadi hewan tersebut memang berniat membalas dendam.

Meskipun belum dipastikan apakah binatang bisa menyimpan dendam atau nggak, beberapa ilmuwan meyakini bahwa binatang juga bisa menyimpan emosi negatif seperti kemarahan dan dendam mengingat binatang pun bisa menyimpan emosi positif dalam hubungannya dengan manusia.

Salah satu buktinya, sebuah penelitian yang dilakukan berulang kali pun menghasilkan kesimpulan bahwa burung gagak bisa menyimpan dendam. Bahkan burung gagak bisa menceritakan dendamnya ini kepada populasi di habitatnya.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Omicron di 2022, Good Doctor Bakal Banyak Kolaborasi dan Perkuat Layanan Telemedisin untuk Korporasi

Selain burung gagak, dilansir dari berbagai sumber, ternyata ada jenis binatang lain yang juga bisa menyimpan sakit hati dan dendam jika diganggu atau disakiti. Apa aja?

1. Burung gagak

Burung gagak termasuk salah satu hewan yang punya kecerdasan super.
Pixabay

Burung gagak termasuk salah satu hewan yang punya kecerdasan super.

Mengutip Evening Standard, studi tahun 2011 mengungkapkan fakta bahwa burung gagak bisa mengingat wajah manusia yang pernah menangkap, mengurungnya dan mungkin juga menyakitinya.

Penelitian lain yang diterbitkan di jurnal Animal Behaviour menyatakan bahwa burung gagak dan spesies sejenisnya bisa menyimpan dendam selama dua tahun lamanya.

Sementara itu peneliti Universitas Lund di Swedia dan Universitas Vienna mencermati perilaku burung gagak yang diberi makan oleh dua grup manusia, yaitu pelatih atau pawang yang memberi makan dengan adil dan pawang yang memberi makan secara nggak adil.

Pawang yang nggak adil akan menyodorkan remahan roti kepada burung gagak. Di kali kedua, pawang tersebut akan memakan sendiri remahan rotinya ketimbang memberikannya kepada burung gagak.

Dalam studi tersebut peneliti mendapatkan fakta bahwa jika diberi pilihan, burung gagak akan mendekati pawang yang adil daripada pawang yang bersikap nggak adil.

Baca Juga: 5 Hewan yang Dikenal Setia sama Pasangannya, dari Angsa sampai Serigala

Halaman Selanjutnya

2. Harimau
1 2 3

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest