Follow Us

Beda dengan Zaman Sekarang, Begini Perjuangan Andra Belajar Gitar Sewaktu SMP

Ferry Budi Saputra - Kamis, 13 Januari 2022 | 16:35
Andra Ramadhan dan Desta
YouTube/ VINDES

Andra Ramadhan dan Desta

HAI-Online.com - Andra Ramadhan menceritakan belajar gitar zaman dulu begitu berbeda dengan zaman sekarang. Seperti diketahui pada tahun 80-an belum ada namanya YouTube atau Google, dan perlu perjuangan lebih untuk belajar gitar pada saat itu.

Andra mengatakan pertama kali dirinya belajar gitar ketika kelas 1 SMP dan secara otodidak tanpa ada yang ngajarin.

Baca Juga: Ada Kebiasaan Ahmad Dhani yang Nggak Disukai, Andra: Ada Sesuatu yang Sebenarnya Dia Nggak Perlu Omongin ke Orang

Ia menjelaskan cara yang dipakainya pada saat itu sangat berbeda dan terkesan jadul. Dulu ketika tahun 1980-an masih populer yang namanya kaset dan gitaris itu mengaku kalo belajar dengan cara memutar kaset.

"Belajar sendiri. Belum ada YouTube. Jadi kalo ngulik yaudah kaset puter bolak-balik sampe melar gitu," tutur Andra dalam YouTube VINDES.

Meski terkenal dengan skillnya yang luar biasa, Andra menyampaikan kalo dalam keluarganya hanya kakeknya aja yang berkecimpung di dunia musik.

Ia menceritakan kalo dulu kakeknya adalah pemain biola pada zaman dulu, sedangkan orang tuanya hanya suka musik dan bukanlah pemain musik.

Baca Juga: Bukan Cuma Sekedar Hobi, Andra Beberin Alasan Ingin Jadi Gitaris: Pengen Dilihat Cewek

Meski orang tuanya cuma menyukai musik, justru hal tersebutlah yang mempengaruhi selera musik Andra. Ia mengaku orang tuanya banyak mengoleksi kaset musik dari musisi Indonesia hingga dunia.

Menurut gitaris Dewa 19 tersebut, nggak heran kalo banyak musik yang disukai orang tuanya kala itu yang juga didengarkannya.

Andra pun menyatakan kalo orang tuanya dulu banyak memiliki kaset yang berisi lagu-lagu jadul seperti Iwan Fals, Ebiet G. Ade, Queen dan The Beatles. Berawal dari situ, wawasan mengenai musik banyak didapatkan.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest