Follow Us

Banyakin Nonton Konser Musik Bikin Umur Panjang Menurut Riset, Masa sih?

Bagas Rahadian - Jumat, 24 Desember 2021 | 21:00
Riset Bilang, Nonton Konser Musik Bisa Bikin bahagia!

Riset Bilang, Nonton Konser Musik Bisa Bikin bahagia!

HAI-Online.com - Menurut sebuah studi baru, semakin sering kita pergi ke konser, semakin panjang pula kita!

Studi yang dilakukan oleh O2, yakni perusahaan yang memiliki beberapa venue musik terbesar di Inggris tersebut menunjukkan bahwa jika kita sering menghadiri konser, kemungkinan besar kita akan hidup lebih lama.

Menurut laporan Independent, penelitian yang dilakukan O2 bersama Associate Lecturer dari Goldsmith University, Patrick Fagan, menemukan bahwa berada di konser selama 20 menit saja dapat meningkatkan well-being (kesejahteraan) seseorang.

Baca Juga: Tolak Gorengan, Nggak Merokok dan Freak Olahraga, Bikin Armand Maulana Awet Muda

Lalu setelah penelitian lebih lanjut, studi tersebut menemukan bahwa sering pergi ke konser dapat dikaitkan dengan tingginya kadar well-being dan memperpanjang umur hingga sembilan tahun.

"Penelitian kami menunjukkan dampak besar konser terhadap perasaan sehat, bahagia, dan well-being, dengan datang setiap dua minggu sekali atau rutin sebagai kuncinya," kata Fagan.

Untuk menyelesaikan studi ini, Fagan dan O2 menguji para partisipan yang sehat dengan meminta merka untuk menyelessaikan beberapa hal yang melibatkan fisik, seperti menghadiri konser, yoga, dan mengajak anjing jalan-jalan.

Setelah itu, para partisipan juga akan menjalani tes psikomatrik dan detak jantung untuk menentukan bagaimana setiap aktivitas-aktivitas tersebut mempengaruhi mereka.

Hasilnya, partisipan yang menghadiri konser mengalami peningkatan self-worth (menghargai diri) dan rasa kedekatan pada orang lain sebanyak 25 persen, serta peningkatan stimulasi mental sebanyak 75 persen.

Baca Juga: Gahar dan Ceria, Ini 7 Rekomendasi Lagu Rock & Metal Bertema Natal

"Dengan menggabungkan penemuan kami dan penelitian O2, kami mencapai keseimpulan bahwa hadir dalam sebuah konser selama dua minggu sekali dapat memanjangkan umur hingga hampir satu dekade,” jelas Fagan pada Independent.

Adapun pada penelitian di tahun 2013, penelitian di Finlandia mengungkapkan, seperti dilaporkan oleh LAD Bible, anak-anak yang mengikuti kelas menyanyi punya tingkat kepuasan yang lebih tinggi di sekolahnya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest