Follow Us

Calon Mahasiswa 2022 Dirundung Khawatir Nggak Bisa Lolos SBMPTN karena Nggak Ikut Bimbel, Cek Hasil Risetnya...

Al Sobry - Minggu, 19 Desember 2021 | 12:02
Bingung Milih Tempat Bimbel? Mending Simak Tips Berikut
HAI doc

Bingung Milih Tempat Bimbel? Mending Simak Tips Berikut

HAI-Online.com - Calon mahasiswa 2022 sedang dirundung kekhawatiran soal isu gagal masuk perguruan tinggi negeri (PTN) jika tidak mengikuti bimbingan belajar (bimbel).

Bermula dari cuitan di medsos itulah, isu nggak ikut bimbel sama dengan nggak bisa lolos SBMPTN merebak di akun base @sbmptnfess pada Sabtu (18/12/2021) kemarin.

Menanggapi isu tersebut, Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengaku tidak bisa memberikan komentar pasti terkait dengan perlu atau tidaknya mengikuti bimbel dalam rangka persiapan masuk PTN.

LTMPT, kata Budi, tidak ada hubungannya dengan bimbel yang diikuti siswa.

"Sangat tergantung dari tujuan bimbelnya, pembelajaran yang diberikannya seperti apa," ujar Budi dikutip HAI dari Kompas.com, Minggu (19/12/2021).

Baca Juga: Benarkah Nggak Ikut Bimbel Bisa Bikin Gagal Masuk PTN? Begini Penjelasan LTMPT

Meski demikian, Budi memberikan sejumlah masukan bagi calon mahasiswa 2022 sebelum memilih program studi di PTN tujuan hingga mekanismenya.

Dia juga menekankan supaya calon mahasiswa mengakses informasi dari laman dan media sosial resmi milik LTMPT.

"Adik-adik siswa yang akan masuk ke PTN, dimohon sudah mempelajari informasi prodi di PTN tujuan. Baca panduan akan mengambil jalur apa, SNMPTN atau SBMPTN," jelas Budi.

"SNMPTN dan SBMPTN infonya spesifik termasuk persyaratannya. Ikuti mekanisme baku dari masing-masing jalur," imbuhnya.

Jadi, soal isu nggak lolos SBMPTN cuma karena nggak ikut bimbel tidak sepenuhnya benar dan apalagi dikhawatirkan secara berlebihan.

Pasalnya, kita bisa melihat dari hasil riset internal (2017) lembaga bimbel online Quipper yang menyebut 41 persen pelajar sekaligus pengguna aplikasinya lulus SMBPTN. Itu pun disebutkan juga, rata-ratanya mereka yang lolos adalah sudah belajar menggunakan Quipper Video selama 3 jam per harinya.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest