Follow Us

Benarkah Nggak Ikut Bimbel Bisa Bikin Gagal Masuk PTN? Begini Penjelasan LTMPT

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 19 Desember 2021 | 13:25
Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok
KOMPAS/Iwan Setiyawan

Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok

HAI-Online.com – Baru-baru ini calon mahasiswa dikhawatirkan oleh asumsi yang mengatakan bahwa bakal gagal masuk perguruan tinggi negeri (PTN) jika nggak mengikuti bimbingan belajar atau bimbel.

Kekhawatiran itu muncul di media sosial saat sebuah twit soal kekhawatiran calon mahasiswa dibagikan seorang warganet melalui akun base, @sbmptnfess, Sabtu (18/12/2021).

Seperti yang udah kita tahu, pendaftaran salah satu jalur masuk PTN, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dibuka pada 2022.

"Jujur aku insecure dan takut nggak lulus PTN tahun depan (2022) karena ga ikut bimbel sama sekali kaya temen-temen aku. Aku ngerasa ketinggalan jauh banget," tulis si sender dalam cuitan tersebut.

Hingga Minggu (19/12/2021), twit itu telah dibagikan 51 kali, disukai lebih dari 900 kali, dan dikomentari 64 kali oleh warganet Twitter.

Namun apakah benar ketakutan yang disampaikan si sender itu benar adanya?

Baca Juga: Jadwal Libur Sekolah Periode Nataru untuk Provinsi Jateng dan Jatim

Tanggapan LTMPT

Menanggapi hal ini, Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengaku nggak bisa memberi komentar terkait dengan perlu atau tidaknya mengikuti bimbel dalam rangka persiapan masuk PTN.

Menurut Budi, LTMPT sendiri nggak ada hubungannya dengan bimbel.

"Sangat tergantung dari tujuan bimbel, pembelajaran yang diberikan seperti apa," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (19/12/2021) pagi.

Meski begitu, Budi ngasih sejumlah masukan bagi calon mahasiswa sebelum memilih program studi di PTN tujuan hingga mekanismenya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest