Follow Us

Mengenal Varian Omicron dan Beberapa Gejalanya, Salah Satunya Pilek

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 17 Desember 2021 | 17:35
Ilustrasi varian Omicron.
Pixabay

Ilustrasi varian Omicron.

HAI-Online.com – Masyarakat Indonesia dikejutkan oleh munculnya varian baru dari virus corona, yakni Omicron atau B.1.1.529 pada Rabu (15/12/2021).

Kasus Omicron pertama di Tanah Air muncul atau terjadi di fasilitas karantina Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta. Tepatnya pada seorang petugas kebersihan yang bertugas di RS Wisma Atlet.

Namun sebenarnya apa sih varian Omicron itu? Melansir laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), B.1.1.529 adalah varian terbaru dari virus corona yang disebut berasal dari Afrika Selatan.

Pada 26 November 2021 lalu, WHO menetapkan varian tersebut sebagai varian yang menjadi perhatian atau variant of concern (VoC) yang diberi nama Omicron.

Sementara itu, varian virus yang termasuk VoC adalah virus corona yang menyebabkan peningkatan penularan, peningkatan kematian, dan disebut berkemampuan dalam memengaruhi efektivitas vaksin.

Baca Juga: Menkes Umumkan Satu Kasus Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Kemampuan penularan Omicron

Penetapan itu berdasarkan saran dari Kelompok Penasihat Teknis WHO tentang Evolusi Virus atau WHO's Technical Advisory Group on Virus Evolution (TAG-VE).

Keputusan ini didasarkan pada bukti yang diberikan kepada TAG-VE bahwa Omicron memiliki beberapa mutasi yang mungkin berdampak pada perilakunya.

Misalnya, seberapa mudah penyebarannya atau tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya.

Saat ini para peneliti di Afrika Selatan dan di seluruh dunia sedang meneliti untuk lebih memahami lebih banyak aspek dari Omicron dan akan terus membagikan temuan tersebut.

Sejauh ini, belum jelas apakah Omicron memiliki kemampuan penularan yang lebih mudah dibandingkan varian lain, termasuk varian Delta.

Source : WHO, NBC

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest