Follow Us

Ramai Wacana Pemerintah Ganti PNS dengan Robot (AI), Nggak Ada Lagi Pungli?

Bagas Rahadian - Kamis, 02 Desember 2021 | 19:05
CPNS angkatan muda
Tribunnews

CPNS angkatan muda

HAI-Online.com - Belakangan ramai kembali isu terkait wacana pemerintah Indonesia yang mengganti peran Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan robot atau artificial intelligence (AI).

Wacana PNS diganti robot ini sendiri bukan kali pertama ini mencuat.

Melansir dari kompasiana.com dari Nextren, wacana penggantian peran kerja PNS oleh robot sudah pernah beredar di tahun 2016.

Saat itu, pemerintah sedang gencar-gencarnya menggulirkan gagasan e-government, sehingga isu pengalihan PNS ke robot ikutan mencuat.

Hampir 5 tahun berlalu, wacana peran PNS diganti robot kembali mencuat seiring dengan rencana Pemerintah mengurangi jumlah PNS dalam beberapa tahun ke depan.

Wacana penggantian PNS ke robot ini digadang-gadang bakal menguntungkan Pemerintah maupun masyarakat.

Dari sisi Pemerintah, keuntungan akan diterima dari segi pengurangan beban anggaran yang selama ini dipakai untuk memenuhi kebutuhan profesi PNS.

Untuk masyarakat, keuntungan akan datang dari segi administratif yang akan lebih cepat dan lancar dari sebelumnya.

Selain itu, praktek pungli yang selama ini masih sering terjadi juga bisa ditanggulangi dengan peran kerja PNS diganti robot.

Adapun nantinya robot yang dipakai untuk mengganti peran dan kerja PNS bukanlah sembarang robot. Melainkan, robot yang sudah dilengkapi dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Baca Juga: Jadwal SNMPTN 2022 Udah Muncul, Catet Nih Tanggal-Tanggal Pentingnya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest