Follow Us

Nggak Cuma Manusia, Monyet Salju di Jepang Ini Ternyata Juga Hobi Mancing!

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 02 Desember 2021 | 13:35
Monyet salju (Macaca fuscata).
Daisuke tashiro/Wikimedia

Monyet salju (Macaca fuscata).

HAI-Online.com – Memancing ternyata nggak cuma digemari oleh manusia, tetapi juga monyet salju! Lho kok bisa?

Hewan dengan nama latin Macaca fuscata ini sendiri adalah hewan yang tinggal di salah satu tempat terdingin di dunia, seperti di pegunungan di Jepang.

Mereka biasanya ditemui di pulau-pulau utama Jepang, seperti di daerah Kamikochi di Taman Nasional Chubu Sangaku di Pegunungan Jepang.

Di samping cuaca dingin yang ekstrem, monyet-monyet ini harus berhadapan dengan keterbatasan makanan lantaran kondisi tempat hidup mereka yang bersalju.

Hal itu membuat monyet salju Jepang akhirnya bisa mencari makanan alternatif untuk bertahan hidup.

Baca Juga: 5 Cara Unik Hewan Mempertahankan Diri, Salah Satunya dengan 'Meledak'!

Melansir Kompas Sains, monyet-monyet itu rupanya 'pergi memancing' atau dengan kata lain mengambil hewan-hewan seperti ikan trout cokelat dari aliran sungai tersebut.

Mengutip Phys, Selasa (30/11/2021) kesimpulan tersebut didapat setelah peneliti menemukan sisa-sisa trout cokelat dalam sampel kotoran monyet Jepang itu.

Studi tentang monyet Salju Jepang cari makan dengan memancing ini dilakukan para peneliti yang dipimpin para ahli dari University of Birmingham.

Dalam studi tersebut, para peneliti kemudian melakukan analisis lanjutan pada sampel tinja untuk menentukan diet musim dingin monyet Salju Jepang.

"Monyet Jepang memiliki wilayah jelajah musim dingin yang lebih luas ketika sumber makanan langka. Tetapi Kamikochi terletak di lembah yang dalam di mana mereka nggak dapat melintasi pegunungan," ujar Alexander Milner, Profesor Ekosistem Sungai di University of Birmingham yang memimpin penelitian ini.

Selain itu kepadatan penduduk juga sangat tinggi sehingga monyet harus bertahan selama musim dingin di lingkungan yang keras.

Source : Scientific Reports

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest