Follow Us

Ahmad Dhani Tegasin Lagu Kirana Dewa 19 Bukanlah Lagu Jazz, Melainkan Terinspirasi dari Lagu Band Ini

Ferry Budi Saputra - Senin, 29 November 2021 | 15:37
Dewa 19 formasi Pandawa Lima
HAI

Dewa 19 formasi Pandawa Lima

HAI-Online.com - Siapa yang nggak tau soal lagu Kirana milik Dewa 19? Yap, lagu yang terdapat di album Pandawa Lima tersebut memang musiknya terdengar seperti nge-jazz.

Mengenai unsur jazz yang terdapat dalam lagu Kirana, Ahmad Dhani secara blak-blakan menegaskan kalo lagu Kirana yang ada di album Pandawa Lima sebenarnya bukanlah lagu jazz.

Baca Juga: Ahmad Dhani Sebut Lagu 'Kirana' dan 'Rein' Milik Dewa 19 Berasal dari Nama Orang

Ahmad Dhani menyebut kalo musik dalam lagu itu terinspirasi dari lagu band Yes yang berjudul Changes. Yes merupakan band asal Inggris yang begitu aktif di tahun 80-an. Dalam lagu Kirana, ia mengakui ada beberapa part yang memang diubahnya.

"Itu bukan jazz sebenarnya. Bukan nge-jazz itu, itu malah seperti lagunya Yes 'Changes'. Cuma solonya memang memakai melody yang nggak ada distorsinya kan," ucap Ahmad Dhani dalam YouTube Setiawan Winarto.

Pentolan Dewa 19 itu juga mengatakan kalo unsur musik yang ada di Kirana ternyata dirinya lah yang awalnya mengusulkan.

"Itu gue yang usulin. Ini usulnya kayak lagu 'Changes', tanpa distorsi, clean aja gitu," ungkapnya.

Baca Juga: Lagu 'Kirana' Ciptaan Erwin Prasetya Dijadiin Single Album 'Pandawa Lima', Lilo Sebut Ahmad Dhani Musisi Berjiwa Besar

Ahmad Dhani mengatakan meski dirinya beitu suka Queen dan Toto, namun untuk musik dirinya memiliki banyak referensi, nggak cuma lagu-lagu dari dua band tersebut.

Selain itu, Ahmad Dhani mengakui kalo dulu Dewa 19 sebenernya cuma punya cita-cita yang sederhana, nggak sampe kepikiran bakalan sukses besar ketika datang ke Jakarta dari Surabaya.

Menurutnya, dulu Dewa 19 niatnya cuma jadi pemain band di cafe. Kemudian, ia mengatakan mencari gaji 8 juta sebulan juga sudah cukup. Akan tetapi, band tersebut malah menjadi populer setelah menelurkan album pertamanya dan menjadi band besar hingga kini.

Baca Juga: Cerita Lagu Kirana Dewa 19 Salah Kunci, Ahmad Dhani: Nggak Enak, Take Ulang Lagi Semua

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest