Follow Us

Sebelum Sukses, Andika Babang Tamvan Ungkap Jualan CD Kangen Band secara 'Indie' ke Angkot-Angkot!

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 28 November 2021 | 18:03
Kangen Band, 2007.
Dok. HAI

Kangen Band, 2007.

HAI-Online.com – Meski sempat pernah dicibir masyarakat karena dianggap norak, nggak dipungkiri Kangen Band merupakan salah satu band Tanah Air yang ikonik pada masanya. Ngaku deh, kalian pasti bakal ikut nyanyi saat denger lagu-lagu mereka, kan?

Nah seiring berjalannya waktu, orang-orang justru mulai kembali dengerin lagu-lagu lama mereka yang mungkin pernah mewarnai masa remaja mereka. Nama Kangen Band yang sempat tenggelam pun berangsur merangkak lagi, bersamaan dengan comeback para personel aslinya.

Kesuksesan Kangen Band menembus industri musik Tanah Air sendiri cukup berliku. Bahkan, mereka pernah menjual demo lagu mereka secara indie… ke angkot-angkot!

Hal ini diungkapkan vokalis Kangen Band, Andika Mahesa saat ngobrol bareng Gofar Hilman. Kangen Band yang saat itu masih merintis karier mereka di jalur musik secara mandiri memproduksi lagu-lagu mereka untuk dijual dalam bentuk mix CD.

"CD gue burning, gue jual sendiri ke angkot-angkot. (Seharga) Rp 10.000," kenang Andika Mahesa, mengutip channel YouTube PROST CLUB TV yang diunggah pada 23 November lalu.

Baca Juga: Ketika Andika Kangen Band Ubah Ceng-cengan 'Babang Tamvan' Jadi Branding, Lagu, dan Tentunya Sumber Penghasilan

Uniknya, Andika nggak hanya memasukkan lagu Kangen Band dalam CD tersebut. Ia juga memasukkan trek dari sejumlah band yang lagi hits saat itu, mulai dari Peterpan hingga Dewa, demi menarik minat pembeli.

Pasalnya, saat masih merintis karier di Lampung, kampung halaman mereka, belum ada tawaran dari label musik besar kepada Kangen Band.

"Jadi gue setting-nya, paling atas lagu, lagu Ungu, lagu Dewa 19, lagu gue. Sudah gue urut begitu aja, cuy," beber cowok yang dikenal dengan sebutan Babang Tamvan tersebut.

Strategi dengan cara mendompleng tersebut pun dikatakan Andika terbukti sukses mendongkrak popularitas Kangen Band.

"Nah, lagu gue ya gue selipkan. Ternyata lagu gue naik juga. Ternyata benar ya, kalau kita main sama yang lebih besar, dompleng, lagu kita didengarin juga," ujar Andika.

Baca Juga: Comeback Kangen Band Lewat Single Terbarunya 'Sesaknya Dada'

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest