Follow Us

Sebut 'Kangen' sebagai Lagu Dewa 19 yang 'Kacangan', Ahmad Dhani: Waktu Itu Selera Masyarakat Indonesia Ya Segitu

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 22 November 2021 | 19:13
Ahmad Dhani
HAI

Ahmad Dhani

HAI-Online.com – Terlepas dari kesuksesannya, lagu ‘Kangen’ milik Dewa 19 dianggap Ahmad Dhani nggak sebagus yang orang-orang nilai. Menurut Dhani, lagu tersebut sejalan dengan selera musik masyarakat Indonesia yang belum terlalu baik waktu itu.

Motor Dewa 19 tersebut menganggap bahwa selera bermusiknya saat membuat lagu yang jadi single album debut mereka, ‘19’ tersebut jauh dari kata tinggi. Selain mungkin karena usianya yang pada 1992 masih terhitung belia, menurut Dhani, Dewa 19 memang menyesuaikan selera musik masyarakat Indonesia saat itu.

“Jadi waktu bikin Kangen, yang menurut saya itu lagu “kacangan”, kebetulan waktu itu seleranya masyarakat Indonesia ya segitu,” ujar Ahmad Dhani saat ngobrol bareng presenter Helmy Yahya pada Mei tahun lalu, mengutip channel YouTube Helmy Yahya Bicara.

Karena besar di era tersebut, dengan berbagai influence yang ia dapatkan, maka terciptalah lagu ‘Kangen’ yang bernuansa power ballad ini.

“Itu matching sama zamannya, saat orang-orang belum tinggi seleranya terhadap musik.

Baca Juga: Pernah Takut Album 'Bintang Lima' Gagal, Ahmad Dhani Ngaku sampai Ketemu Slank di Mimpinya

Musisi 49 tahun tersebut bahkan berandai-andai seandainya waktu itu orang Indonesia selera musiknya udah tinggi banget, bisa aja Dewa 19 gagal meledak di pasaran.

Dhani mengatakan selera orang Indonesia di masa itu memang bisa dibilang berjalan beriringan dengan musik yang diusung Dewa 19. Hal itu di sisi lain membuat Dewa 19 nggak kesulitan menembus industri musik tanah air.

“Tapi waktu itu mungkin kita kebetulan selera musiknya bareng berangkatnya, beranjaknya sama orang-orang Indonesia saat itu,” bebernya.

Alhasil, lagu-lagu yang mereka buat pun hampir selalu diterima di telinga masyarakat. Termasuk saat Dewa 19 mulai membawa musik yang cukup “berat” di album Pandawa Lima (1997).

“Dan kebetulan juga seleranya berkembang bareng-bareng dengan selera kita juga. Jadi saat kita bikin lagu ‘Kirana’ yang berat, orang menerima juga sampai akhirnya album Bintang Lima,” jelas Dhani.

Namun demikian, keselarasan selera musik masyarakat dengan lagu-lagu Dewa 19 terus menukik setelah tahun 2000. Puncaknya adalah saat Dewa 19 merilis single baru bertajuk ‘Bukan Cinta Manusia Biasa’, yang meski menurutnya merupakan lagu yang bagus di semua aspek, justru nggak laku di pasaran.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest