Follow Us

Pernah Takut Album 'Bintang Lima' Gagal, Ahmad Dhani Ngaku sampai Ketemu Slank di Mimpinya

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 20 November 2021 | 19:29
Dewa 19 era 'Laskar Cinta'
via Tribun News

Dewa 19 era 'Laskar Cinta'

HAI-Online.com – Ahmad Dhani menyebut adanya perubahan yang sangat drastis pada musik Dewa 19 dari album Pandawa Lima ke Bintang Lima.

Namun di sisi lain, perubahan tersebut sempat membuatnya dihantui ketakutan akan gagalnya album kelima Dewa 19 yang dirilis pada 2000 tersebut.

Menurut leader Dewa 19 tersebut, perubahan selera bermusik ditambah masuknya Once Mekel jadi faktor utamanya. Seperti diketahui, saat itu Once memang masuk menggantikan posisi Ari Lasso sebagai vokalis utama Dewa 19.

“Dari Pandawa Lima ke Bintang Lima juga sangat berbeda sebenarnya. Ada perubahan selera dan belum mandeg selera saya waktu itu,” ujar Ahmad Dhani pada Maret tahun lalu, mengutip channel YouTube Video Legend.

Pengaruh Once memang diakui Ahmad Dhani cukup besar pada album Bintang Lima.

“Dewa dan aransemennya itu mahal setelah kemasukan Once,” ujar Dhani.

Baca Juga: Formasi 'Bintang Lima' Justru Sukses Gaet Pendengar Baru Dewa 19, Ahmad Dhani: Gara-Gara Once sama Tyo

Selain itu, menurut Dhani musik Dewa 19 lebih bisa diterima oleh pendengar yang lebih luas, bahkan orang-orang yang sebelumnya menganggap sebelah mata band asal Surabaya tersebut.

“Banyak juga temen-temen saya yang dulunya nggak ngeh sama Dewa. Ya meskipun sudah ada Kirana tapi waktu itu album Pandawa Lima belum banyak dilirik orang-orang yang mature,” tutur Dhani.

Ia menambahkan, “Tapi setelah ada album Bintang Lima, dianggap suaranya Once itu mature, dianggap suaranya Once itu mahal.”

Walau begitu, Dhani sendiri pada awalnya sempat ragu, bahkan ketakutan jika perubahan musik dan formasi pada album Bintang Lima ini nggak diterima masyarakat. Baginya, memasukkan semua unsur baru mulai dari musiknya, penyanyinya itu memang cukup mencekam keadaannya, hingga terbawa mimpi.

“Bahkan saya sempat bermimpi-mimpi saya manggung di lapangan, Slank main, abis itu Dewa dengan Once main penontonnya pada pulang semua. Nggak ada yang nonton,” ujarnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest