Follow Us

Interview HAI dengan Tom Morello: Rekam Album Pake Hape Gara-gara Lockdown!

Mohammad Farras Fauzi - Jumat, 05 November 2021 | 19:08
Tom Morello
TRAVIS SHINN PHOTOGRAPHY

Tom Morello

HAI-Online.com - Menjadi seorang gitaris rock yang prominen ternyata bukanlah hal yang disakralkan oleh seorang Thomas Baptist Morello, atau yang lebih kita kenal sebagai Tom Morello.

Tentu emang nggak banyak orang yang bisa menggantikan peran Tom Morello dalam hal eksplorasi suara gitar yang ditemukannya sejak beberapa dekade silam bareng band-nya Rage Against The Machine.

Suara gitar unortodoks dan jauh dari kata tradisional tersebut digunakannya sebagai sebuah bahasa tersendiri untuk menyuarakan ideologi politiknya yang selalu digenggam kuat.

Namun bagi seorang musisi sekaligus artis sekaliber Tom Morello, tentu doi nggak akan membiarkan dirinya untuk terpaku dalam ranah musik tertentu hanya untuk menelurkan karya - terutama di tengah lockdown.

Produk termutakhir olehnya adalah sebuah album kolaboratif yang diberi judul 'The Atlas Underground Fire'.

Sebut saja nama-nama beken di ranah rock seperti Bruce Springsteen dan AC/DC serta Bring Me The Horizon, hingga yang lebih "ngepop" macam phem, Damian Marley, atau bahkan seorang DJ perempuan dari Palestina bernama Sama' Abdulhadi.

Deretan nama di atas adalah contoh luasnya spektrum musik dari Tom Morello untuk menafsirkan raungan gitarnya melalui artis-artis tersebut.

Baca Juga: The Atlas Underground Fire, Album yang Menyelamatkan Tom Morello Saat Pandemi

Untuk menelisik lebih dalam tentang ide dan pemikiran seorang Tom Morello dalam musiknya, HAI dapet interview eksklusif bareng doi mengenai kolaborasi di album barunya, kebebasan bermusik, dan juga hubungan musik dengan politik yang terpisah namun tetap menjadi satu kesatuan.

Simak cuplikan wawancaranya dulu dong di bawah:

Merekam 'The Atlas Underground Fire' menggunakan ponsel

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest