Follow Us

5 Band Alternatif Terbaik Asal Jerman Yang Wajib Untuk Disimak

Mohammad Farras Fauzi - Rabu, 30 Juni 2021 | 19:00
NEU!
Thomas Dinger

NEU!

HAI-ONLINE.COM - Dalam beberapa tahun terakhir, tim nasional sepak bola Jerman menyajikan performa yang jauh dari ekspektasi.

Kemarin (29/06/21), Jerman harus kembali memupuskan harapan mereka untuk melaju ke babak selanjutnya di turnamen EURO 2020 setelah kalah dengan skor 0 - 2 dari Inggris dalam babak 16 besar.

Kiprah timnas Jerman di turnamen ini emang udah diprediksi para pandit bakalan terjal dan nggak akan mengulang kesuksesan mereka seperti 2014 lalu, atau saat mereka sangat superior di era 1970-an dulu.

Baca Juga: Inilah 16 Negara yang Lolos ke Babak Knock-Out 16 Besar Euro 2020, Jerman Mesti Susah Payah!

Nah untuk mengembalikan ingatan kalian akan "kejayaan" dan "superioritas" Jerman di berbagai lini, Jerman ternyata juga menyimpan banyak band alternatif berkualitas yang telah berkembang sejak era 1960-an.

Meskipun industri musik mereka kalah gemerlap dibandingkan Amerika Serikat atau tetangga seberang lautnya, Inggris, Jerman tetap memiliki banyak musisi dan band yang sangat berpengaruh dalam membentuk corak musik yang berkualitas, baik di masa lalu ataupun masa kini.

Pelabelan industri musik di Jerman tentu nggak bisa dilepaskan dari terma Krautrock. Krautrock sendiri adalah arus musik yang berkembang pesat di Jerman Barat pada era 1960 hingga 1970-an dan memiliki peran penting dalam perkembangan dan evolusi musik rock hingga kini.

Baca Juga: Pionir Synthesizer Peter Zinovieff Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

Para musisi di era ini sangat mengedepankan elemen-elemen suara yang dapat dihasilkan melalui benda apapun, terutama alat musik elektronik.

Pelabelan kosmische musik ataupun musik kosmik juga disematkan pada band yang muncul di era ini karena unsur eksperimental dan susunan musik yang sangat tidak umum kerap dijumpai dalam karya yang dihasilkan.

Selain itu, terdapat pula Neue Deutsche Welle yang membuka gelombang baru band-band post-punk dan new wave era 80-an di Jerman. Juga jangan lupakan Neue Deutsche Härte, pintu gerbang dari munculnya gelombang band industrial rock macam Rammstein ataupun Megaherz.

Selain itu, Jerman juga dikenal sebagai tuan rumah bagi para metalhead. Mereka punya berbagai even metal bergengsi yang digelar setiap tahunnya, salah satunya tentu saja adalah Wacken Open Air Metal Festival.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest