Follow Us

Inilah Alasan Ahmad Dhani Pilih Rere Daripada Ronald untuk Ngisi Album Terbaik Terbaik Dewa 19

Ferry Budi Saputra - Rabu, 20 Oktober 2021 | 19:00
Dewa 19, tanpa Wawan Juniarso
Instagram/ @ahmaddhaniofficial

Dewa 19, tanpa Wawan Juniarso

HAI-Online.com - Ahmad Dhani secara blak-blakan mengungkapkan alasan Dewa 19 memilih Rere daripada Ronald untuk mengisi posisi drummer di album Terbaik Terbaik (1995).

Memang nggak bisa dipungkiri cabutnya Wawan Juniarso tentu membuat Ahmad Dhani harus mencari drummer lain untuk mengisi kekosongan tersebut.

Saat itu ada dua pilihan drummer yang dirasa dia cocok untuk Dewa 19. Sebelumnya baik Rere dan Ronald sudah bekerja sama dengan band tersebut di album Format Masa Depan (1994). Tetapi, pada akhirnya pilihan jatuh kepada Rere dibanding Ronald.

Mengenai alasan pemilihan Rere dibanding Ronald di album Terbaik Terbaik, Ahmad Dhani membeberkan salah satu faktornya karena masalah selera. Ia lebih menyukai gaya bermain Rere ketimbang Ronald.

Namun, bukan berarti Rere lebih baik daripada Ronald, menurutnya semua itu murni memang selera.

Baca Juga: Permainan Drum Wong Aksan Dinilai Berbeda Saat di Dewa 19, Alasannya Terinspirasi Musik Lain: Bedanya Gue Nggak Nyontek tapi Nyuri

Selain dirinya, personel Dewa 19 yang lainnya yaitu Ari Lasso, Andra dan Erwin memutuskan lebih menyukai permainan (gebukan) Rere daripada Ronald, sehingga dipakailah dia untuk album Terbaik Terbaik. Menurutnya gebukan kedua drummer tersebut memiliki aliran yang berbeda.

"Sampai saat ini, memang Dewa nggak mengarah ke aliran funky meskipun beberapa ada lagu yang funky. Ronald memang lebih nge-funk, terus Ronald lebih suka senar yang cenderung Piccolo ya. Kalau Dewa lebih senang main drum senarnya yang besar-besar," ucapnya dalam YouTube Gofar Hilman.

Saat itu drummer Queen, Roger Taylor, menjadi referensi Ahmad Dhani dalam mencari drummer. Maka itu, Rere lebih dipilih daripada Ronald karena ia menilai tipikal permainannya lebih mendekati drummer legendaris tersebut.

"Sebenarnya secara pribadi drummer favorit saya Roger Taylor dari Queen. Nah, Ronald tuh jauh banget tipikalnya dengan Roger Taylor dari Queen. Rere lebih mendekati," ungkapnya.

Menurut Ahmad Dhani lagu-lagu Dewa 19 banyak yang straight rock makanya dicari yang style-nya pas. Musisi itu menyebut kalo Ronald saat itu nggak straight rock dan beda style.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest