Follow Us

Sebelum Bernama Downbeat dan Dewa 19, Ternyata Nama Sederhana Inilah yang Dipakai, Berkat Dicetuskan Adiknya Ahmad Dhani

Ferry Budi Saputra - Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:13
Dewa 19, tanpa Wawan Juniarso
Instagram/ @ahmaddhaniofficial

Dewa 19, tanpa Wawan Juniarso

HAI-Online.com - Dewa 19 merupakan salah satu band besar Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Bukan hanya personelnya yang berganti tetapi band tersebut ternyata bukan bernama Dewa 19 sejak awal.

Baca Juga: Nggak Peduli Orang Mau Nyebut Dirinya Apa, Frontman Dewa 19: Selama Ada Ahmad Dhani Udah Bagus

Jauh sebelum nama Dewa 19 dipakai, ada nama Downbeat yang mungkin bagi Baladewa sudah nggak asing lagi. Downbeat jadi band bentukan Ahmad Dhani yang beraliran jazz. Saat itu band tersebut menjadi cikal bakal Dewa 19.

Tapi, tau nggak sebenarnya ada nama lain sebelum Downbeat yang juga menandai terbentuknya band tersebut. Sahabat semasa SMA, Ari Sudono atau yang biasa dipanggil Mister Pink menceritakan sejarah Dewa 19 dari band tersebut dibentuk.

Ia mengatakan kalo sebelum bernama Downbeat, band tersebut bernama Booster. Ari menyebut kalo selama ini yang banyak diungkap ke publik adalah nama Dewa dulu, Downbeat, lalu baru Dewa lagi. Tapi, ternyata tercetus nama Boster jauh sebelum kedua nama itu digunakan.

"Sebetulnya yang pertama ketika kita kelas 1 SMP, nama Dewa itu memang dicetuskan untuk acara perpisahan kelas 3. Kita kelas 1 SMP ada 2 band, kelas 1A sampai 1E, F sampai dengan J itu yang rock," ungkap Ari Sudono dalam YouTube Wawan Juniarso.

Menurutnya awal mula band beraliran pop jazz tersebut terbentuk ketika mereka naik ke kelas 2 SMP. Ia mengingat saat itu Booster membawakan lagu Gemilang di salah satu acara.

Baca Juga: Diajak Ahmad Dhani Gabung Jadi Drummer Downbeat Pas SMA, Sahabat:Nggak Kenal tapi Disamperin Dhani

"Kita main bukan dengan nama Dewa tapi Booster. Itu dulu yang nyeletukin Dini adiknya Dhani," ungkapnya.

Ari Sudono menyatakan kalo Booster itu memang benar-benar ada. Menurutnya, salah satu bukti yaitu adanya stiker di gitar milik temannya bernama Dovi. Gitar tersebut sempat dimainkan oleh Lutfi yang saat itu adalah gitaris dari Booster.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest