Follow Us

Beda Genre Jadi Alasan yang Bikin Once Kesulitan Bernyanyi Saat Awal Gabung Dewa 19: Gue Sebelum Masuk Dewa Bawain Lagu Keras!

Ferry Budi Saputra - Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:51
Dewa 19
HAI

Dewa 19

HAI-Online.com - Once secara blak-blakan mengungkapkan di awal karier gabung bersama Dewa 19 alami kesulitan karena harus menyesuaikan diri dengan band tersebut.

Once mengibaratkan antara dia dan Dewa 19 itu seperti pasangan yang masing-masing punya karkater berbeda karena keterikatan maka harus saling menyesuaikan.

Selain itu, ada hal yang membuat dia cukup sulit untuk menyamakan karakternya dengan karakter yang dimiliki Dewa 19. Hal itu nggak terlepas dari aliran musik keduanya yang cukup berbeda.

"Waktu awal gue kan nyanyi lagu keras gitu, waktu di Dewa gue harus menyesuaikan diri bernyanyi dengan style-nya Dewa, dia lebih pop rock. Terus nadanya relatif lebih sulit," ungkapnya dalam channel YouTube Pongki Barata Songs.

Nada yang relatif sulit itu maksudnya karena Ahmad Dhani sering pakai nada-nada semi tone. Menurut Once, semi tone itu nada yang setengah-setengah. Pennyanyi tersebut menganggap hal itu dikarenakan Ahmad Dhani dan Andra memiliki pengaruh jazz yang kuat.

Baca Juga: Album Bintang Lima Dewa 19 Menarik Penggemar Baru, Ahmad Dhani: Gara-gara Once Sama Tyo

Terlepas dari hal tersebut, pelantun Dealova tersebut mengatakan kalo penerapan semi tone itu jadi rumus yang bagus untuk lagu pop rock seperti Dewa 19. Namun, hal itulah yang membuatnya lumayan sulit untuk menyanyikan lagu Dewa 19.

Bukan cuma itu saja, pilihan nada di Dewa juga sangat baru bagi Once. Menurutnya nada-nada di Dewa 19 bukan apa yang sudah dikenalnya bertahun-tahun sebelumnya.

Menanggapi banyaknya variasi nada yang digunakan di Dewa 19, Pongki menjelaskan kalo itu terjadi juga karena adanya faktor Ahmad Dhani yang merupakan pemain keyboard yang kaya akan nada.

"Jadi dia range vokalnya beda dengan pemain gitar bikin notasinya. Jadinya kan ada tambahan not di kelingking. Naitu yang membedakannya," tuturnya.

Sementara itu, Once juga mengatakan kalo selama di Dewa 19 jadwalnya begitu padat mulai dari pemotretan hingga rekaman. Penyanyi itu mengibaratkan band tersebut seperti mesin yang begitu panas, ada saja kesibukan meski nggak ada jadwal manggung.

Baca Juga: Ahmad Dhani Disuruh Milih antara Ari Lasso atau Once sebagai Vokalis Dewa 19, Jawabannya Bikin Ari Lasso Kaget

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest