Follow Us

YouTube Rewind Resmi Dihentikan, Katanya Sih Bakal Ada Gantinya

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:35
YouTube Rewind 2018
YouTube Rewind 2018

YouTube Rewind 2018

HAI-Online.com – YouTube Rewind udah menjadi tradisi tahunan bagi salah satu platform berbagi video terbesar tersebut sejak 2011.

Namun tepat di tahun ini, YouTube justru menghentikan video rangkuman yang nampilan tren, kreator, meme hingga video populer dalam setahun ini. Apa alasannya?

Kepada TubeFilter, pihak YouTube mengonfirmasi bakal benar-benar menghentikan YouTube Rewind mulai tahun ini.

YouTube sendiri udah nyiapin penggantinya. Alih-alih mereka mengungkapkan bakal “memfokuskan lagi energi untuk merayakan kalian dan tren yang bikin YouTube [emoji api] dengan pengalaman yang berbeda dan baru”.

Sayangnya, pihak YouTube nggak menjelaskan lebih detail soal pengganti Rewind tersebut.

Baca Juga: Rajin Bikin Konten di Channel Video Legend, Ahmad Dhani Mau Bikin Arsip yang 100 Persen Hak Ciptanya

Di samping itu, YouTube juga disebut akan bergantung pada kreator di platform ini buat mengisi celah yang ada. Atau dengan kata lain, YouTube akan membiarkan para content creator membuat ‘Rewind’ versi mereka sendiri.

“Kami akan terus menginspirasi untuk melihat berbagai cara kreator konten paling kreatif di dunia—pembuat konten YouTube kami—merangkum akhir tahun dalam rekap video mereka, saat YouTube menghentikan video Rewind-nya sendiri,” ujar juru bicara perusahaan kepada TubeFilter.

YouTube Rewind sebenarnya juga absen pada tahun lalu, meski dengan alasan yang berbeda. Pandemi Covid-19 pada 2020 yang lagi parah-parahnya membuat mereka nggak mutusin buat nggak ngadain perayaan di tengah situasi berduka tersebut.

“2020 sungguh berbeda. Dan rasanya nggak elok buat nerusin (YouTube Rewind) seolah-olah kami nggak merasakan hal yang sama,” ujar YouTube saat itu.

Namun terlepas dari itu, YouTube Rewind memang udah jadi sasaran kritik dari para penontonnya. Banyak yang menganggap video rangkuman tersebut cringe dan nggak bener-bener fokus pada komunitas.

Bahkan YouTube Rewind 2018 mencatatkan rekor video dengan jumlah dislikes terbanyak, yakni 19 juta. Salah satunya penyebabnya adalah munculnya YouTuber kontroversial seperti Logan Paul dan PewDiePie dalam video rangkuman tersebut. (*)

Baca Juga: Sehari Dirilis Lagu Permission to Dance Ciptaan Ed Sheeran untuk BTS Sukses No. 1 di iTunes dan YouTube Music

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular