Follow Us

Jadi Lagu Tersukses Metallica, 'Enter Sandman' Ternyata Diakui Terinspirasi dari Deep Purple & Soundgarden

Mohammad Farras Fauzi - Senin, 11 Oktober 2021 | 14:57
Kirk Hammett
Brett Murray

Kirk Hammett

HAI-Online.com - Riff catchy dari tembang klasik 'Smoke On The Water' milik Deep Purple ternyata nggak hanya ngena di ingatan para pemuda era 2000-an.

Betul sekali, lagu ini menjadi andalan para bocah ingusan di zaman tersebut berkat karakteristik musik-nya yang nggak hanya mudah untuk dihafalkan - tapi juga mudah untuk dimainkan di game legendaris Guitar Hero pada konsol PS 2.

Baca Juga: 7 Lagu atau Band Yang Mungkin Lo Baru Tau Gara-gara Main Guitar Hero

Sembari merawat memori dan penghormatan untuk lagu ini, mari kita berpelesir sejenak untuk mengingat fakta bagaimana lagu yang rilis pada 1972 ini begitu berpengaruh di masanya.

Berbicara dengan Guitar World, seorang Kirk Hammet yang menasbihkan dirinya sebagai member dari band metal paling ikonik di abad ini [Metallica] sampai-sampai harus memetakan lagu tersebut sebagai inspirasi terbesarnya.

Berkat popularitas dari 'Smoke On The Water' yang tanpa bats, Kirk Hammet dkk meletakkan pondasi tersebut untuk menciptakan 'Enter Sandman' - yang pada akhirnya juga menjadi lagu yang nggak kalah terkenal.

"Saat itu gue sering berbicara dengan diri gue sendiri dan menetapkan untuk bikin lagu yang bakal jadi the next 'Smoke On The Water'," ujarnya memulai.

Menambahkan apa yang menjadi inspirasi terbesar buatnya, Kirk Hammet terang-terangan mengakui kalo nama Soundgarden adalah entitas paling sesuai yang ditetapkan olehnya sebagai grup musik yang mempengaruhi penciptaan lagu 'Enter Sandman'.

Baca Juga: Alex Turner Ingin Gabung ke The Strokes, Julian Casablancas Malah Pengen Join Arctic Monkeys

"Kala itu kami lagi tur untuk album 'Damaged Justice' di akhir 1989-an. Gue lagi santai di kamar hotel sambil dengerin 'Louder Than Love' dari Soundgarden. Berkat lagu yang sangat gue suka tersebut, gue jadi sedikit banyak terinspirasi olehnya," tambahnya.

Nggak hanya itu, peran Soundgarden ternyata juga cukup kuat untuk Kirk Hammet yang mulai berani bermain-main dengan tuningan drop pada gitarnya.

"Awalnya riff lagu ini [Enter Sandman] nggak make drop tuning, tapi setelah mengeksplor lebih dalam - gue jadi tahu kalo tuning low D bisa bikin lagu jadi lebih berat dan cadas," jelasnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest