Follow Us

6 PTN Indonesia dengan Jurusan Kedokteran Terbaik 2022 versi THE WUR

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 06 Oktober 2021 | 12:57
Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok
KOMPAS/Iwan Setiyawan

Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok

HAI-Online.com – Jika kamu adalah calon mahasiswa yang punya impian ambil jurusan kedokteran di seleksi perguruan tinggi, kamu perlu pertimbangin kampus dengan jurusan kedokteran terbaik dulu.

Nah baru-baru ini lembaga pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) telah merilis peringkat perguruan tinggi dunia yang diukur berdasarkan bidang keilmuan atau THE WUR by Subject 2022.

Pemeringkatan bidang ilmu tersebut didasarkan atas penilaian dari lima indikator, antara lain sitasi (citations), pendapatan industri (industry income), pandangan internasional (international outlook), riset (research) serta pengajaran (teaching).

Baca Juga: Inilah 8 Kampus di Indonesia yang Lulusannya Cepat Kerja Versi QS WUR

Dalam bidang ilmu "clinical and health", THE WUR by Subject 2021 menyoroti universitas yang memimpin dalam bidang kedokteran, kedokteran gigi, dan bidang ilmu kesehatan lainnya.

Bidang tersebut mencakup Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Farmasi.

Pada tahun ini sendiri ada peningkatan jumlah universitas yang masuk ke dalam pemeringkatan tahun ini, dari 856 di tahun 2021 menjadi 925 di tahun 2022.

Simak nih 6 perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik Indonesia bidang "clinical and health", merangkum laman THE WUR:

  1. Universitas Indonesia
Peringkat dunia: 401–500

Total skor: 31.3–34.3

  1. Universitas Airlangga
Peringkat dunia: 601+

Total skor: 17.3–28.3

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest