Follow Us

Bisakah Hewan Ketawa seperti Manusia? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 01 Oktober 2021 | 07:05
Ilustrasi keledai yang tampak seperti sedang tertawa.
Pxhere

Ilustrasi keledai yang tampak seperti sedang tertawa.

HAI-Online.com – Tertawa adalah salah satu cara kita buat mengekspresikan kebahagiaan. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya, apakah hewan juga bisa tertawa layaknya manusia?

Melansir Live Science, sebuah penelitian terbaru yang telah terbit di Jurnal Bioacoustics mengungkapkan fakta baru soal hal ini.

Baca Juga: Jawaban Sains, Kenapa Hujan Bikin Orang Jadi Ngantuk, Mager dan Sedih...

Hewan memang diketahui menghasilkan suara saat sedang bermain. Ini merupakan hal unik sebagai bentuk interaksi sosial yang menyenangkan.

Para peneliti mengganggap vokalisasi yang dihasilkan hewan saat bermain memiliki analogi atau bersangkutan dengan tawa manusia.

Dalam prosesnya, peneliti mengidentifikasi sebanyak 65 spesies hewan yang tertawa saat bermain. Sebagian besar merupakan mamalia, namun beberapa yang lain adalah spesies burung.

Hasil yang ditemukan adalah beberapa jenis perilaku bermain hewan terlihat seperti berkelahi. Sehingga mungkin mereka mengeluarkan suara atau tertawa selama bermain untuk menjaga interaksi agar nggak meningkat dan menjadi agresif atau bahkan berbahaya.

Baca Juga: Inilah 5 Hewan Laut Paling Berbahaya, Salah Satunya Hiu Putih

Sasha Winkler, Penulis Utama Studi sekaligus Kandidat Doktor Antropologi Biologi di University of California, Long Angeles, mengatakan, proses bermain biasanya dilakukan berulang dan terjadi secara independen dari perilaku sosial lainnya, seperti kawin atau mencari makan.

"Orang-orang yang mempelajari primata berkata, 'Kamu tahu ketika kamu melihatnya'," ujar Winkler.

Terus, gimana sih cara hewan tertawa?

Banyak suara yang hanya terjadi selama bermain dan diindikasi sebagai bentuk tertawa pada hewan, misalnya suara dengkuran pada monyet vervet (Chlorocebus aethiops) dan getaran ultrasonik pada tikus (Rattus norvegicus).

Source : Live Science

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular