Follow Us

Kenapa Slank Bikin Double Album 999+09? Ternyata Ini Alasannya

Ferry Budi Saputra - Rabu, 29 September 2021 | 11:30
Kaka (Kiri) & Bimbim Slank (Kanan)
YouTube/ Slank Sukax2

Kaka (Kiri) & Bimbim Slank (Kanan)

HAI-Online.com - Hingga kini mungkin masih banyak yang bertanya-tanya kenapa Slank bikin double album di 999+09. Melalui YouTube Slank Music, akhirnya Kaka dan Bimbim mengungkapkan alasannya bikin jadi double album.

Baca Juga: Pas Zaman Narkoba, Ridho Slank: Gue Mau Cabut dari Band, Karena Nggak Mau Liat Teman-teman Mati Depan Gue

Bimbim mengungkapkan album yang berisikan 27 lagu dibagi menjadi Slank Biru dan Abu-abu itu memang sengaja dibuat dan itu memang konsep Slank bikin double album.

Bimbim bahkan mengatakan nggak cuma Slank aja yang pernah bikin konsep double album. Sebelumnya, ada beberapa musisi dunia yang juga pernah bikin double album seperti The Beatles.

"Memang pengen aja era 90 akhir itu ya, dan hampir banyak musisi di seluruh dunia yang bikin double album dari Guns n Roses, Beatles, The Rolling Stones. Semua pernah melakukan itu, seperti pencapaian juga sih," ungkap sang drummer dalam YouTube Slank Music.

Bahkan, kalo saja saat itu nggak coba dihentikan, Bimbim mengaku Slank bisa aja bikin sampai triple album. Senada dengan Bimbim, Kaka mengatakan lagu-lagu yang diproyeksikan untuk album tersebut sebenarnya ada 40 lagu. Pada akhirnya dipangkas jadi 27 lagu, yang juga memiliki makna 2+7=9, yang artinya album ke-9 Slank.

"Sebetulnya stok lagunya lebih banyak dari itu, karena terus-terusan kita rekam. Konsepnya memang mau ngejer banyak lagu, nanti dijadiin dobel gitu," ucap Kaka.

Baca Juga: Makna di Balik lagu Slank Dance, Bimbim: Lagu Itu Melambangkan Demokrasi

Setelah merilis album itu, Slank langsung memutuskan untuk rehab. Bisa dibilang album itu menjadi album terakhir Slank di zaman narkoba dan sebagai album selamat tinggal untuk masa kelam.

Terkait dengan double album 999+09, Bimbim mengungkapkan ada makna di balik angka tersebut.

"Kita bilang itu album exorcist, makanya judul lagunya itu nggak sengaja di hape kecetak SMS itu 999+09. Kalo kita balik itu hapenya, '6o+666', artinya pergi lo setan," ucap Bimbim.

Makna album 999+09 dirasa pas dengan kondisi Slank saat itu yang sedang dalam penyembuhan narkoba dan setelah album itu rilis Slank benar-benar berhenti dari narkoba.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest