Follow Us

5 Tips Menyusun To Do List biar Makin Produktif A La Dosen IPB

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 17 September 2021 | 16:05
Ilustrasi mengerjakan tugas. Ada beberapa tips ngilangin kebiasaan nundad-nunda pekerjaan atau procrastinating.
Pxfuel

Ilustrasi mengerjakan tugas. Ada beberapa tips ngilangin kebiasaan nundad-nunda pekerjaan atau procrastinating.

HAI-Online.com – Jika lo termasuk orang dengan segudang aktivitas, manajemen waktu adalah hal wajib yang lo perlukan biar produktivitas lo tetep terjaga.

Pasalnya, tanpa manajemen waktu yang baik, aktivitas seabrek tersebut malah berpotensi molor dan parahnya, bisa memicu stres!

Nah untuk mengakalinya, Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) University dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Megawati Simanjuntak membagikan tips, nih, dalam mengatur waktu yang baik.

Menurutnya, time management atau pengaturan waktu yang baik adalah membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan atau yang kita kenal dengan to do list.

“Banyak riset yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa time management salah satunya dengan membuat to do list. Ini dapat meningkatkan produktivitas bagi profesional maupun aktivitas domestik sehari-hari di rumah,” ujarnya Megawati, melansit laman Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

Peraih dosen berprestasi peringkat nasional ini juga menyampaikan bahwa to do list dapat mengurangi stres. Hal ini karena kegiatan yang akan dilakukan lebih terencana sehingga dapat terhindar dari kebiasaan menunda pekerjaan.

Baca Juga: Bagiin Tips soal Songwriting, Ahmad Dhani Bilang yang Paling Susah Itu Bikin Liriknya

Selain itu, upaya ini juga dapat menghindarkan diri dari kegiatan yang spontan atau mendadak maupun tugas yang dikerjakan pada menit-menit akhir.

“Mengandalkan memori otak untuk menghafalkan aktivitas yang harus dilakukan dalam satu hari memang bisa saja dilakukan. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan to do list supaya dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi potensi lupa,” jelasnya.

Ia pun mengatakan, dengan melakukan perencanaan waktu yang baik, dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan membantu mencapai tujuan yang ditetapkan.

To do list juga membantu mengurangi beban yang bertumpuk di kepala. Lebih lanjut ia menjelaskan, to do list dapat disusun dalam buku catatan atau aplikasi yang tersedia pada smartphone.

Lebih jelasnya, simak nih 5 langkah menyusun to do list versi Megawati Simanjuntak biar lo bisa punya manajemen waktu yang baik dan semakin produktif!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest