Follow Us

Apa Sebenernya Makna Huruf ‘i’ pada iPhone dan Produk Apple Lainnya?

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 27 Agustus 2021 | 19:30
iPhone 11 Pro
Apple

iPhone 11 Pro

HAI-Online.com – Sebagai produk Apple yang bisa dibilang sukses mengubah industri smartphone pada 2007, iPhone jadi salah satu hape paling populer di dunia.

Selain fitur dan bentuknya yang inovatif saat itu, iPhone juga punya keunikan lain, yakni penamaannya yang menggunakan huruf 'i' yang selalu dituliskan dalam huruf kecil.

Ciri unik penamaan inilah yang juga disematkan pada produk bikinan Apple lainnya, mulai dari iMac, iPod, hingga layanan iTunes dan iCloud.

Baca Juga: TikTok Bakal Punya Fitur Memutar dan Bikin Konten Video Hingga 5 Menit

Terus, apa sih sebenarnya makna dari huruf 'i' kecil pada iPhone dan produk lain yang tergabung dalam ekosistem Apple itu?

Bermula dari iMac

Dari sejarahnya, penggunaan huruf 'i' kecil pada iPhone dan produk Apple lainnya bermula dari penamaan komputer iMac pertama, yaitu iMac G3 yang diperkenalkan pada 6 Mei 1998.

Jobs sebenernya sempat ingin menamai komputer iMac pertama itu dengan nama 'MacMan'. Tapi nama tersebut nggak jadi dipakai berkat ide nama 'iMac' dari Ken Segall, yang kala itu menjabat sebagai direktur kreatif biro iklan yang bertanggung jawab pada produk Apple.

Dalam sebuah video presentasi perkenalan iMac G3, Jobs mengatakan bahwa komputer iMac ini lahir dari hasil perkawinan antara kegembiraan akan hadirnya internet dan kesederhanaan dari Macintosh.

Baca Juga: Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Tahun 1973 Dilelang, Laku Hampir Rp5 Miliar

Saat itu, internet masih belum sepopuler sekarang dan nggak semua komputer dibekali dengan kemampuan untuk mengaksesnya. Namun, komputer iMac pertama ini hadir dengan mengunggulkan fitur konektivitas internet.

"Kami menargetkan komputer iMac untuk penggunaan nomor satu, sesuai permintaan konsumen yang menginginkan komputer yang dapat mengakses internet dengan sederhana dan cepat," kata Jobs.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest