Follow Us

Viral Video Penampakan Lumba-Lumba Pink, Ini Penjelasan LIPI

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 04 September 2021 | 21:00
Video lumba-lumba berwarna pink ini dinamakan Sousa Chinensis.
@underwaterViews/Twitter

Video lumba-lumba berwarna pink ini dinamakan Sousa Chinensis.

HAI-Online.com – Penampakan lumba-lumba unik berwarna pink belakangan ini viral di media sosial setelah akun Twitter @underwaterviews membagikan video yang menunjukkan gerombolan mamalia laut tersebut sedang berenang.

"Spotting the rare pink dolphin," tulis pemilik @underwaterviews pada Kamis (2/9/2021).

Dalam video berdurasi 10 detik tersebut, terlihat kawanan lumba-lumba berwarna pink dan hitam terlihat di permukaan air.

Baca Juga: Intelegensi Lumba-Lumba, Ternyata Mereka Bisa Pelajari 'Nama' Teman buat Nge-Geng

Terlepas dari keunikannya, apa sih sebenarnya spesies lumba-lumba pink tersebut?

Peneliti mamalia laut di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Sekar Mira menjelaskan, lumba-lumba pink itu bernama Sousa Chinensis. Menurut dia, habitat mamalia ini ada di pesisir laut yang kedalamannya cukup dangkal. Distribusinya tersebar dari pesisir India hingga China.

"Habitatnya di coastal area dan neritic zone atau di daerah pesisir dengan kedalaman laut kurang dari 200 meter," kata Sekar kepada Kompas.com, Jumat (3/9/2021).

"Nah, Sousa Chinensis ini warna pink-nya didapatkan seiring usianya bertambah. Jadi yang pink itu individu yang sudah cukup dewasa. Justru kalau masih kecil/anakan itu warnanya masih abu-abu kehitaman," ujar dia.

Sekar menjelaskan, ukuran lumba-lumba pink usia dewasa jantan dapat mencapai 3 meter, dan untuk betina akan lebih kecil.

Lumba-lumba punya sifat yang friendly yang artinya mudah berinteraksi dengan manusia yang ada di dekatnya.

"Karena pengalaman dari teman-teman yang mengamati tingkah laku mereka di Hong Kong, cukup banyak catatan bahwa mereka ingin berinteraksi dengan manusia, jadi mereka nggak takut, sampai mau dipegang-pegang," ujar Mira.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest