Follow Us

Venue Tempat Lahir Musik Jazz di New Orleans Hancur Akibat Terjangan Badai

Mohammad Farras Fauzi - Rabu, 01 September 2021 | 14:35
Ikon Jazz, Louis Armstrong
Wikimedia

Ikon Jazz, Louis Armstrong

HAI-ONLINE.COM - Kalian tentu masih pada inget kan tentang perbincangan HAI dengan Barry Likumahuwa beberapa waktu lalu tentang sejarah singkat musik Jazz?

Betul sekali, jazz lahir melalui terobosan dan keterbatasan hiburan dari budak asal Afrika Barat yang dibawa paksa hingga mendiami pantai tenggara Amerika Serikat.

Sejak saat itu, jazz sebagai musik dan budaya kemudian berlabuh menjadi nyawa penting bagi kota yang sekarang kita kenal sebagai New Orleans.

Namun kini kabar buruk harus hadir dari tempat kelahiran jazz tersebut, sebuah situs jazz legendaris harus rata dengan tanah setelah terhempas oleh Badai Ida yang mengacaukan negara bagian Lousiana.

Venue yang dikenal dengan nama Karnofsky Shop ini beralamat di 427 South Rampart Street, NO; dan telah dijalankan secara turun-temurun oleh keluarga Karnofsky.

Mengutip laporan dari PRC (Pusat Pelestarian Sumberdaya) New Orleans, venue ini sering didapuk sebagai "rumah kedua" bagi tokoh jazz ikonik, Louis Armstrong, yang menghabiskan sebagian masa kecilnya di lantai dua toko tersebut yang difungsikan menjadi bangunan rumah keluarga Armstrong.

Baca Juga: Barry Likumahuwa Lebih Nyaman Sampaikan Pesan Lewat Musik Instrumental

Sebelum memulai karir musiknya, Louis kecil telah rajin membantu pekerjaan rumah tangga di keluarga tersebut seperti memainkan klakson mainan untuk menarik pengunjung, hingga membantu mengatur pasokan batu bara.

Dengan keterhubungan yang begitu erat tersebut, karir pertama Armstrong sebagai musisi jazz bisa dibilang ditempa di sini.

Keluarga Kanofsky-lah yang pertama membiarkan Louis kecil untuk mengeksplorasi kecintaannya terhadap musik, dan bahkan mereka yang meminjamkan uang pada Louis untuk membeli cornet pertama-nya.

Pemerintah Amerika Serikat kemudian menetapkan toko keluarga ini menjadi bagian intergral dari karir Louis Armstrong dan jazz secara umum, sehingga secara resmi terdaftar dalam Daftar Bangunan Bersejarah bagi Amerika Serikat.

Generasi kedua dari keluarga Karnofsky, Morris Karnofsky yang hingga kini masih mengelola, kemudian membuka jazz record store yang pertama di New Orleans bernama Morris Music.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest