Follow Us

Abis Mandi Kulit Malah Jadi Gatel-Gatel? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 26 Agustus 2021 | 20:46
Ilustrasi mandi. Apa sih penyebab gatal-setelah mandi?
Pxfuel

Ilustrasi mandi. Apa sih penyebab gatal-setelah mandi?

HAI-Online.com – Lo pernah ngerasain abis mandi, kulit malah kerasa gatek-gatel? Nah ternyata kondisi ini bukanlah hal yang aneh. Gatel-gatel abis mandi bisa aja disebabkan oleh kulit kering atau kondisi kulit lainnya.

Melansir dari Healthline, ada beberapa penyebab kulit gatal setelah mandi. Simak nih penjelasannya.

Kulit kering

Kulit kering bisa menyebabkan gatal setelah mandi. Merendam kulit dalam air panas untuk waktu yang lama dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga mengiritasi kulit yang sudah kekurangan kelembapan.

Hal ini kadang bisa menyebabkan gatal-gatal setelah mandi. Gatal-gatal biasanya terjadi pada kaki karena banyak kontak dengan air.

Baca Juga: Sejumlah Aktor Hollywood Ngaku Jarang Mandi, Dwayne 'The Rock' Johnson: Gue Mandi Tiga Kali Sehari, Sambil Nyanyi Juga

Sensitif sama sabun

Selain itu, ada kemungkinan sabun yang lo pake menyebabkan kulit menjadi sangat kering saat dibersihkan.

Sabun yang keras mungkin nggak selalu meninggalkan ruam yang terlihat, tetapi dapat meninggalkan rasa gatal yang berkepanjangan setelah mandi.

Jadi, sisa sabun dari kulit setelah mandi juga bisa menjadi sumber gatal yang bikin lo nggak nyaman.

Pruritus aquagenik

Pruritus aquagenik adalah kondisi di mana sistem saraf dapat diaktifkan oleh air di kulit. Akibatnya, seseorang akan mengalami gatal setelah mandi atau berendam.

Source : Healthline

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest