Follow Us

Jangan Sembarangan, Simak 3 Tips Ngecas biar Baterai Hape Lo Awet

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 25 Agustus 2021 | 12:05
Ilustrasi nge-charge ponsel
PIXABAY/MHOPPSY

Ilustrasi nge-charge ponsel

HAI-Online.com – Meski kedengarannya sepele, ada hal-hal yang mesti diperhatiin saat lo ngecas hape.

Misalnya aja, kebiasaan ngecas hape semalaman yang bisa mengurangi umur baterai hape?

Saat ini, sebagian besar produsen hape udah membekali produk mereka dengan baterai jenis lithium-ion. Namun tau, nggak, sih lo, ada beberapa kondisi yang dapat memengaruhi umur baterai jenis ini, termasuk pola pengecasan.

Terus, kapan waktu yang tepat untuk cas HP atau hape lo?

Jangan isi baterai semalaman

Waktu terbaik yang dianjurkan untuk mengisi daya hape adalah ketika baterai udah berada di kisaran angka 30-90 persen.

Usahain buat nggak mengisi daya hingga mencapai angka 100 persen. Kalo daya udah terisi penuh, tapi hape masih sedang dalam keadaan di-charge, maka hape bakal berusaha untuk tetap mengisi daya baterai.

Sebab ketika daya baterai udah mencapai 100 persen, hape akan menghentikan proses charging. Hal ini mengakibatkan daya hape naik-turun dari angka 99 ke 100 persen dan sebaliknya. Jika dibiarkan secara terus-menerus, maka proses ini dapat mengurangi umur (life-cycle) dari baterai hape.

Baca Juga: Perhatiin Deh, 5 Hal Ini Bikin Baterai Handphone Kamu Cepat Habis

Baterai hape memiliki umur penggunaan yang optimal tiga hingga lima tahun, atau antara 500 hingga 1.000 kali siklus (cycle) pengisian daya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Advisor, Senin (28/8/2021).

Nah siklus pengisian daya ini dihitung saat baterai hape diisi dari keadaan kosong hingga penuh. Saat baterai udah digunakan lebih dari tiga tahun, maka baterai tersebut nggak akan dapat bertahan lama seperti layaknya baterai pada hape baru.

Dalam beberapa kasus, pengisian daya yang terlalu lama juga dapat membuat hape menjadi panas. Karennya, sangat disarankan untuk nggak mengisi daya hape semalaman.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest